Upss, Ada Dugaan Pungli Di Syahbandar Bulukumba? – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Upss, Ada Dugaan Pungli Di Syahbandar Bulukumba?

H Sofyan, salah seorang Nelayan, yang mengeluhkan adanya biaya pembayaran surat pengukuran ulang kapal oleh Syahbandar

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Sejumlah nelayan mengeluhkan tingginya biaya pengurusan surat kapal yang di lakukan pihak Syahbandar Bulukumba.

Salah seorang pemilik Kapal Nelayan, H Sofyan, asal Bontobahari, menjelaskan ada keganjalan dalam pengurusan surat kapal karena adanya pembayaran yang cukup besar.

“Sebenarnya, banyak pemilik kapal-kapal nelayan yang mengeluh tapi takut melaporkan, tapi saya memberanikan diri, karena ini sudah menyusahkan warga, saya saja sudah bayar Rp2 juta,” jelasnya.

Padahal, dalam surat edaran dari kementerian perhubungan dan Direktorat Jenderal Perhubungan, dijelaskan tidak adanya pembayaran untuk pelaksanaan verifikasi dan pengukuran ulang kapal penangkapan ikan.

“Jadi tidak ada itu pembayaran untuk pengkuran ulang, tapi buktinya dilapangan sampai jutaan,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Syahbandar Bulukumba, H M Adam Sabri, yang dikonfirmasi, membenarkan memang adanya perintah dari kementerian Kelautan untuk dilakukan pengukuran ulang kapal nelayan. Hanya saja saat ditanya soal adanya keluhan nelayan yang membayar biaya pengukuran kapal, H M Adam Sabri, enggan berkomentar banyak, dan mengaku sedang berada di Jakarta.”Kalau soal itu nanti saya pulang dari Jakarta yah, “singkatnya.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!