Ada Tujuh Warga Bulukumba Haji Lewat Filipina – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Ada Tujuh Warga Bulukumba Haji Lewat Filipina

ilustrasi (int)

* Akan Dipulangkan Secara Bertahap

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Tujuh warga Kabupaten Bulukumba, memilih menunaikan ibadah haji melalui paspor Negara Filipina.
Kepala Seksi (Kasi) Haji dan Umroh, Kementerian Agama (Kemenag) Bulukumba, H Andi Mapparola mengaku, pihaknya mendapatkan informasi dari Kementerian Agama Republik Indonesia (RI), bila dari 106 warga Indonesia yang berangkat haji melalui Filipina ada tujuh warga Bulukumba terdaftar didalamnya.
Berdasarkan data dimiliki Kemenag, kata dia, tercatat sebanyak 106 warga Indonesia berangkat haji melalui FIlipina, yang terbagi 77 wanita dan 29 orang laki-laki, didominasi warga Sulawesi-Selatan, yaitu, 7 warga Bulukumba, Pinrang 9 orang, Wajo 3 orang, Bone 30 orang, Palopo 6 orang, Enrekang 1 Orang, Soppeng 3 orang,Pare-Pare 2 orang, dan lainya Kalimantan 10 orang, Sumatera 2 orang, Sulawesi Tenggara 10 orang, dan sisanya dari Malaysia yang juga masih keturunan Sulsel.
Saat ini, lanjut Andi Mapparola, 7 warga Bulukumba bersama Haji lainnya masih berada di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, setelah kepulangan mereka pada Sabtu 22 Oktober lalu, dijeput langsung oleh Kemenag dari Filipina.
“Kalau Informasi yang kami dapatkan, mereka saat ini masih mendapatkan arahan sebelum pulang, dan akan dipulangkan ke kampung halaman secara bertahap,” ujarnya.
Andi Mapparola mengaku, Informasi yang didapatkan dari Kemenag pusat baru sebatas jumlah saja, soal kepulangannya belum bisa dipastikan karena akan diinformasikan kembali.
“Beginilah resiko kalau tidak melalui Panitia pelaksana haji Indonesia, siksa koordinasinya, belum lagi kalau mereka kehabisa uang di negara orang. Yang pasti kita akan terus berkomunikasi agar 7 warga Bulukumba ini bisa pulang dengan selamat,” ujarnya.
Banyaknya warga Indonesia yang saat ini melaksanakan Haji melalui negara lain diduga lamanya daftar tunggu haji di Nusantara. Di Kabupaten Bulukumba daftar haji telah berjumlah 11 ribu lebih yang menandakan semakin lamanya daftar tunggu bagi pendaftar, atau jika mendaftarkan diri 2016 baru akan berangkat 32 tahun mendatang.
Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto mengharapakan seluruh warga Bulukumba yang berniat berangkat haji bisa sabar-sabar menunggu, dan bertawakkal, serta berdoa agar kuota haji bisa kembali normal dan daftar tunggu bisa berkurang.

Warga Sulsel Haji Melalui Filipina

* Bulukumba 7 orang
* Pinrang 9 orang
* Wajo 3 orang
* Bone 30 orang
* Palopo 6 orang
* Enrekang 1 Orang
* Soppeng 3 orang
* Pare-Pare 2 orang

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!