Melanggar, DPRD Perintahkan Dishub Tertibkan Parkiran PT Agung Perdana – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Melanggar, DPRD Perintahkan Dishub Tertibkan Parkiran PT Agung Perdana

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mendesak Dinas Perhubungan (Dishub) Bulukumba, segera menertibkan kendaraan mobil dan alat berat milik PT Agung Perdana, yang berada di Jalan Gajah Mada, Kampung Loka.

Ketua DPRD Bulukumba, H Andi Hamzah Pangki, menjelaskan pemakaian bahu jalan sebagai parkiran apalagi memarkirkan alat berat adalah tindakan pelanggaran. Apalagi parkiran tersebut berada di jalan kota yang setiap harinya dilintasi kendaraan karena disekitar lokasi merupakan jalan perkantoran. Harusnya pihak Dishub, segara memanggil pihak perusahaan untuk segera memindahkan kendaraan tersebut.

“Jangan sampai menimbulkan korban jiwa, kan akan mempersempit itu ruas jalan. Kami perintahkan Dishub untuk tertibkan itu, apalagi sudah banyak warga yang mengekuhkan,” katanya.

Anggota DPRD Bulukumba, Fahidin Hdk, menjelaskan harusnya kedepannya ada regulasi yang diikat dalam Peraturan Bupati (Perbup) terkait mekanisme parkir. Menurutnya, apa yang dilakukan pihak perusahaan yang memarkirkan kendaraan mobil dan alat berat dalam waktu yang relatif lama merupakan pelanggaran. Olehnya dia berharap, pihak Dinas Perhubungan, segera mengambil sikap dengan segera menertibkan kendaraan milik perusahaan kontraktor tersebut.

“Tidak boleh parkir seumur hidup karena itu jalan umum. Kalau begitu harus dimintai retrebusi. Tidak ada pengecualian kalau parkir karena itu fasilitas publik,” ujar Ketua Komisi D DPRD Bulukumba, Fahidin Hdk

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan, Andi Rosali Liong, mengaku kalau pihaknya telah mengistruksikan secara lisan maupun pensuratan kepada pemilik kendaraan dan alat berat untuk segera ditertibkan. Pada dasarnya, parkiran selama berhari-hari dengan menggunakan bahu jalan merupakan pelanggaran dan menganggu lalu lintas, apalagi didaerah tersebut masuk dalam kategori jalan yang ramai pengguna jalan.

“Kalau sampai tiga kali kita surati dan belum diindahkan maka akan kita ambil upaya lain. Tapi saya rasa pemiliknya bisa pahami itu dan dia (Angung,red) sudah iyakan itu,” katanya.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!