Pemkab Gelontorkan Rp4,6 Miliar, Untuk Sambut Jokowi – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Pemkab Gelontorkan Rp4,6 Miliar, Untuk Sambut Jokowi

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Dalam rangka menyambut kedatangan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dengan agenda penetapan Hutan Rakyat menjadi Hutan Adat Ammatoa.
Tidak main-main pemerintah kabupaten (Pemkab) Bulukumba, rela menggelontorkan anggaran Rp 4,6 miliar demi menyambut kedatangan orang nomor satu di tanah air ini.
Plt Kepala Dinas Bina Marga Bulukumba, Kr Suginna, yang ditemui di wilayah Adat Kajang mengaku, jika kunjungan Presiden Pemkab akan melakukan perbaikan beberapa infrastruktur seperti pembenahan pelataran, persiapan areal parkir, serta pengerasan di kawasan Adat.
Hanya saja, untuk masalah penganggarannya, dia mengaku tidak tahu berapa anggaran yang dikelurkan karena karena pembangunan tersebut merupakan bentuk partisipasi saja.
“Ini tidak dianggarkan, hanya ada beberapa program pemeliharaan kita alihkan ke pembangunan ini,” ujarnya.
Meski demikian, untuk pengaspalan jalan, Bina Marga menganggarkan Rp 4,6 Miliar sepanjang 6,2 Kilo Meter (KM), pembenahan bahu jalan yang saat ini telah rampung dibangun.
Kepala Seksi (Kasi) Pemeliharaan Jalan, Dinas Bina Marga Bulukumba, Hidayatullah mengaku jika dalam pengerjaannya ada beberapa kesulitan, dikarenakan tidak bisa menggunakan alat modern seperti mobil ataupun gerobak, sehingga seluruhnya dikerjakan secara manuat atau tradisonal.
Dia menargetkan pengerjaan akan rampung, sebelum Joko Widodo yang dikabarkan akan datang pada 30 Oktober mendatang.
Selain itu, dalam kunjungan dilakukan Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang mengapresiasi (Pemkab) yang dianggap konsisten dalam menjaga Adat Budaya Kajang, salah satunya menginiasi kelembagaan berupa peraturan Daerah (Perda) Perlindungan Masyarakat Hukum Adat Ammatoa.
Dengan ditetapkannya hutan adat masyarakat menjadi hutan Adat Ammatoa, tentu akan menjadi kebanggaan sendiri bagi Sulsel pasalnya penetapan tersebut merupakan pertama kali di Indonesia.
“Ini kunjungan saya yang ke dua, dan kedatangan saya sekarang untuk mengecek langsung kesiapan kabupaten, untuk saya laporkan kemimpinan dan kami siap dalam kunjungan pak Joko Widodo,” ujar Agus.
Wagub yang didampingi oleh Kepala Dinas Kehutanan, Muh Sukri Mattinetta, dan kepala Badan Penaggulan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, Syamsibar, dan Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, berterima kasih dan mengapresiasi atas peran Pemkab, dan mengajak masyatakat dan meminta agar menjaga apa yang telah dimiliki saat ini, salah satunya budaya adat kajang. (awa/ris/B)

Daftar Pembangunan Dalam Rangka Kunjungan Presiden

* Perbaikan Bahu Jalan
* Pembenahan Pelataran Adat Ammatoa
* Persiapan Areal Parkir
* Pengerasan Jalan Adat
* Pengaspalan

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!