Semen Tonasa; Bertumbuh karena Kualitas – Radar Selatan

Radar Selatan

Hiburan

Semen Tonasa; Bertumbuh karena Kualitas

* Dukung Pembangunan Infrastukrtur Sampai ke Pelosok

Lebih dari setengah abad menguasai pasar semen di Indonesia Timur, Semen Tonasa makin berkembang dan dikenal karena kualitas. Seluruh produk PT Semen Tonasa bisa dipastikan diatur menurut standar internasional.

Laporan : Sunarti Sain

Di Sulawesi Selatan, ikon pembangunan seperti Fly Over, Bandara Sultan Hasanuddin, Graha Pena Makassar sampai Centre Poin of Indonesia atau CPI, proses pembangunannya tidak lepas dari peran Semen Tonasa.

Begitu juga sejumlah infrastruktur yang dibangun di daerah kabupaten. Di Bulukumba misalnya, bangunan baru RSUD Sultan Dg Radja yang dibiayai PIP senilai 83,5 Miliar, bisa selesai dengan support Semen Tonasa yang begitu besar.

Ada 11 bangunan baru yang kini sudah bisa dimanfaatkan pasien rumah sakit tipe C itu. Ke-11 bangunan baru tersebut rata-rata bertingkat yang dibangun dari pinjaman Pusat Investasi Pemerintah (PIP).

Pemberian pinjaman kepada Pemkab Bulukumba ditujukan untuk pengembangan RSUD Tipe C Haji Andi Sulthan Daeng Radja ke Tipe B.

Sebelum adanya bangunan baru, RSUD Sulthan Daeng Radja memiliki keterbatasan ruang rawat inap untuk menampung jumlah pasien yang semakin bertambah.

PIP sendiri sangat proaktif dalam mendukung pembangunan infrastruktur daerah, yang dapat dinikmati langsung masyarakat, melalui pembiayaan seperti pembangunan rumah sakit, pasar, jalan atau listrik.

PIP berusaha menjalankan peran sebagai katalis dalam percepatan pembangunan infrastruktur yang memberikan manfaat ekonomi, sosial dan atau manfaat lainnya kepada masyarakat.

Kini, RSUD Sultan Dg Radja ditunjuk sebagai pusat rujukan regional bersama 5 Rumah Sakit (RS) di Sulsel. Seperti RS Sawerigading Palopo, RS Andi Makkasau Parepare, RS Tenriawaru Watampone, RS Labuang Baji, dan RS Daya.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, dr Rachmat Latif, menjelaskan, RS Sultan Daeng Radja Bulukumba membawahi Selayar, Bulukumba, Sinjai, dan Bantaeng.

200 Sak Per Hari

Pembangunan RSUD Sultan Dg Radja sendiri diakui Muhammad Ilham, Manager PT Bumi Karsa di Bulukumba, dilaksanakan dengan penuh kehati-hatian. Termasuk memilih semen yang digunakan.

Kami butuh 200 sak semen per hari, jadi bisa dibayangkan ada puluhan ribu sak semen yang dipakai untuk menyelesaikan pembangunan proyek ini,” terang Ilham kepada RADAR SELATAN, beberapa waktu lalu.

Setiap hari katanya, ada 200 sak semen Tonasa yang didatangkan langsung dari Pangkep. PT Bumi Karsa mengaku memilih Semen Tonasa karena kualitas yang tak diragukan. Salah satu jenis semen Tonasa yang digunakan adalah Semen Portland Tipe I (OPC) dan PPC. “Mengikatnya sangat kuat dan memang bagus untuk proyek-proyek besar,” terang Ilham.

Dari data yang diperoleh di web resmi Semen Tonasa, disebutkan bahwa Semen Portland Tipe I adalah semen hidrolis yang dibuat dengan menggiling terak dan gipsum. Semen Portland Tipe I produksi perseroan memenuhi persyaratan SNI 15-2049-2004 Jenis I dan ASTM C150-2004 Tipe I.

Semen jenis ini digunakan untuk bangunan umum dengan kekuatan tekanan yang tinggi (tidak memerlukan persyaratan khusus), seperti bangunan bertingkat tinggi, perumahan, jembatan dan jalan raya, landasan bandar udara, beton pratekan, bendungan/saluran irigasi, elemen bangunan seperti genteng, hollow, brick/batako, paving block, buis beton, roster dan lain-lain.

Sementara Semen Portland Pozzolan (PPC) adalah semen hidrolis yang terdiri dari campuran homogen antara semen Portland dan pozzolan halus, yang diproduksi dengan menggiling klinker semen Portland dan pozzolan bersama-sama atau mencampur secara rata bubuk Semen Portland dan pozzolan atau gabungan antara menggiling dan mencampur, dimana kadar pozzoland 15-40% massa Semen Portland Pozzolan.

Semen jenis ini ideal untuk bangunan bertingkat (2-3 lantai), konstruksi beton umum, konstruksi beton massa seperti pondasi plat penuh dan bendungan, konstruksi bangunan di daerah pantai,tanah berair (rawa) dan bangunan di lingkungan garam sulfat yang agresif, serta konstruksi bangunan yang memerlukan kekedapan tinggi seperti bangunan sanitasi, bangunan perairan, dan penampungan air.

Menariknya, karena semua produk semen Tonasa diatur menurut standar internasional yaitu ASTM dan standar nasional bagi semen yang beredar di Indonesia yaitu Standar Nasional Indonesia (SNI).

PT Semen Tonasa sendiri telah diakui sebagai produsen semen terbesar di Kawasan Timur Indonesia yang menempati lahan seluas 715 hektar di Desa Biringere, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, sekitar 68 kilometer dari kota Makassar.

Perseroan yang memiliki kapasitas terpasang 5.980.000 ton semen per tahun ini, mempunyai empat unit pabrik, yaitu Pabrik Tonasa II, Pabrik Tonasa III, Pabrik Tonasa IV dan Pabrik Tonasa V. Keempat unit pabrik tersebut menggunakan proses kering dengan kapasitas masing-masing 590.000 ton semen pertahun untuk Unit II dan III, 2.300.000 ton semen per tahun untuk Unit IV serta 2.500.000 ton semen untuk Unit V. Perseroan berdasarkan anggaran dasar merupakan produsen semen di Indonesia yang telah memproduksi serta menjual semen di dalam negeri dan mancanegara sejak tahun 1968.**

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!