Kalah Sengketa Lahan Eks Pasar Tua, Pemda Bulukumba Bayarkan Rp1,2 Miliar – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Kalah Sengketa Lahan Eks Pasar Tua, Pemda Bulukumba Bayarkan Rp1,2 Miliar

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Pemerintah Daerah Kabupaten Bulukumba akhirnya kalah dalam proses sengketa lahan eks Pasar Tua melawan penggugat, Romy Anugrah. Kekalahan itu mewajibkan pemda harus membayar ganti rugi lokasi seluas 500 m2 hingga Rp1,2 miliar lebih.

Kepala Sub Bagian Pertanahan Tanah Pemda Bulukumba, Aco Bahar mengungkapkan bahwa anggaran ganti rugi lahan sudah dipersiapkan dari Anggaran Pendapatan Bepanja Daerah (APBD) Perubahan senilai Rp1,2 miliar karena hasil putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) memenangkan penggugat.

“Tidak bisa lagi ditawar. Putusannya kuat, MA sudah cantumkan nilai harus dibayar,” ujarnya.

Awalnya, menurut Aco, pemda sempat menang saat proses di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Makassar, namun penggugat kembali menempuh jalur perdata yakni Pengadilan Negeri (PN) Bulukumba dan menang. Pemda berusaha banding ke Kejaksaan Tinggi hanya penggugat tetap menang, bahkan sampai kasasi ke MA dia masih menang, akhirnya pemerintah membiarkan dan siap melakukan pembayaran.

“Dia memang punya bukti kuat. Makanya, dia menang,” katanya.

Kekalahan ini lanjutnya, bukan berarti pemda sering mengalami kekalahan dalam proses sengketa lahan. Beberapa kasus lain yang digugat warga berhasil dimenangkan, seperti klaim masyarakat terhadap lapangan sepakbola, dan sekolah Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) di Desa Bukit Harapan, Gantarang dan klaim lahan sekolah luar biasa (SLB) yang diyakini dimenangkan, sebab pemda memiliki bukti yang cukup kuat.

“Baru satu banding tiga. Kita sudah beberapa kali menang dalam gugatan,” jelasnya.

Tim kuasa hukum Pemkab Bulukumba, Harianto menambahkan, kalau satu-satunya lahan yang dikuasai pemda dimenangkan warga adalah lahan pasar lama, dan pemda segera membayarkan. Meski sejauh ini, masih ada beberapa lahan yang sedang bersengketa, namun dia menyakini akan dimenangkan.

“Iya, kita bersama-sama tim di Pengadilan, kita sama-sama berjuang, ada beberapa berhasil kita menangkan. Tapi, khusus pasar lama memang sudah ada putusan MA,” ujar dia

To Top