Wow, Pemkab Bulukumba Siapkan Rp400 Juta Untuk Sambut Presiden – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Wow, Pemkab Bulukumba Siapkan Rp400 Juta Untuk Sambut Presiden

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Untuk memaksimalkan penyambutan kedatangan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo alias Jokowi, ke Kawasan Adat Tanah Toa, Kajang, yang direncanakan pada bulan November, Pemkab Bulukumba, menyiapkan anggaran sebesar Rp400 juta.

Wakil Bupati Bulukumba sekaligus ketua panitia Kabupaten, Tomy Satria Yulianto mengatakan, anggaran tersebut bersumber dari APBD Perubahan. Rp 400 juta tersebut digunakan untuk biaya konsumsi, akomodasi, pengamanan, dan kesiapan teknis lainnya.

Tomy menganggap, anggaran tersebut realisitis untuk menyambut kedatangan Presiden. Dana itu juga sudah dianggap cukup jika melihat keiginan Jokowi yang hendak disambut dengan cara sederhana, meski kata Tomy anggaran tersebut bersifat tentatip.

“Kita belum tahu kapan jadwal pastinya, tapi informasi yang kita dapat yah bulan November ini. Anggaran kita sengaja kita siapkan di APBD Perubahan, inisiatif itu diambil saat kunjungan sebelumnya Menteri Kehutanan, yang menyebut Pak Presiden akan ke Kajang, yah kita maksimalkan saja anggaran yang ada,” ujarnya.
Dia mengatakan, rencana kedatangan Jokowi sendiri yaitu untuk menyerahkan langsung keputusan Manteri Kehutanan terkait Hutan Adat serta penyerahan alat ekonomi produktif, selain itu Presiden Jokowi akan melakukan dialog langsung dengan masyarakat Kajang. Hal lainnya adalah kemugkinan Jokowi sendiri akan melakukan perjalanan menggunakan mobil dari Makassar ke Kajang.
“Agendanya hanya ke Kajang saja, tapi kita dari Pemkab juga akan mempromosikan beberapa potensi Bulukumba termasuk wisata dan meminta agar percepatan pembangunan bandara,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Bagian Umum Pemkab Bulukumba, H Muh Nur menjelaskan, anggaran yang disiapkan Pemkab Bulukumba, sebesar RP400 juta dinilai jauh lebih sedikit ji dibandingkan angaran yang dikeluarkan Kabupaten Sidrap, sebesar Rp700 juta pada saat kunjungan Presiden pada tahun 2014 lalu. Menurutnya, anggaran ini telah melalui proses pengkajian dan pembahasan bersama termasuk melakukan perbandingan dengan daerah lainnya yang terlebih dahulu telah dikunjungi Presiden.
“Yah kita berharap dan optimis dengan kedatangan Pak Presiden di Bulukumba, akan membawa banyak perubahan di Bulukumba, dengan potensi Bulukumba, semoga Bapak Presiden bisa langsung meminta menterinya untuk membangun sejumlah fasilitas publik. Ini hal yang harus kita apresiasi, Bulukumba akan dikunjungi Presiden, itu menandakan Bulukumba ada nilai plus,” pungkasnya.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!