Ini Cara Pemkab Perindah Bulukumba Dimalam Hari – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Ini Cara Pemkab Perindah Bulukumba Dimalam Hari

PERLIHATKAN. Kabag Umum, Sekretariat Kabupaten (Setkab) Bulukumba, H Muh Nur memperlihatkan Penerang Jalan Umum (PJU) LED yang akan segera digunakan, Rabu 2 November saat ditemui di ruang kerjanya.

*Pemkab Tambahkan 109 PJU dan Gunakan Bohlam LED

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bulukumba, mendapatkan dana Rp800 juta, dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P), yang akan digunakan untuk penambahan Penerangan Jalan Umum (PJU) di wilayah kota.
Rencananya Pemkab akan melakukan pemasangan PJU di 109 titik dengan menggunakan bohlam LED dianggap lebih terang dan hemat energi dari lampu digunakan sebelumnya.
Kepala Bagian (Kabag) Umum, Sekretariat Kabupaten (Setkab) Bulukumba, H. Muh Nur, Rabu 2 November saat ditemui di ruang kerjanya mengungkapkan, jika akan melakukan penambahan PJU di 109 titik, seperti jalan Yos Sudarso dan sepanjang Jalan Merpati sebanyak 36 titik, atau 72 Bohlam, 53 titik di Jalan Sukarno (Teko) hingga Kelurahan Ela-Ela, dan di wilayah taman kota hingga pasar lama sebanyak 20 titik.
“Di Yos Sudarso dan merpati sebanyak 2 bohlam, satu tiang, dan yang lainya hanya 1 tiang satu bohlam, semunya akan menggunakan lampu LED hemat energi,” ujar H Nur.
Pengubahan jenis lampu dari Mercury menjadi LED ini dianggap lebih hemat energi dan biaya beban yang setiap bulannya harus digelontorkan Pemkab sebesar Rp 800 juta perbulan, yang belum lagi dengan menggunakan LED akan menambah terang wilayah kota sebelumnya dianggap kota mati. Meski untuk biaya pengadaannya H. Nur mengaku lebih mahal dari mercury yang hanya Rp 300 ribu saja perbohlam, dan LED Rp 6,5 Juta.
” Memang mahal, cuma kualitasnya tidak dipertanyakan lagi. Sudah terang dan ada garansinya selama 2 tahun dan hemat energi, kalau mercury biasa dipakai hanya sebulan, dan mahal lagi bebanya,” ujarnya.
Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto mengaku, penggunaan lampu LED merupakan langkah Pemkab dalam menerangi kota Bulukumba, selain untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat yang bermuara pada ketertiban masyarakat.
Selain itu, terangnya kota Bulukumba bisa menambah nuansa keindahan bagi Bulukumba yang dalam tahap pembangunan dan peningkatan infrastruktur. Dia mengajak masyarakat Bulukumba untuk menjaga aset daerah, yang di harapkan tomy bisa membawa kesejahteraan masyarakat dan masuknya investor ke wilayah Bumi Panrita Lopi.
“Daerah jaya, masyarakat sejahterah, makanya kita harus menjaga daerah kita bersama, karena Bulukumba bukan hanya milik Pemkab namun seluruh elemen masyarakat berkewajiban untuk menjaga apa yang kita miliki sekarang ini,” ujar Tomy. (**)

Titik Pemasangan Bohlam LED

* Jalan Yos Sudarso.
* Jalan Merpati.
* Jalan Sukarno (Teko) hingga Kelurahan Ela-ela.
* Dan di wilayah taman kota hingga pasar lama

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!