Desa Benteng Malewang Kembangkan Budidaya Lebah Madu – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Desa Benteng Malewang Kembangkan Budidaya Lebah Madu

Kades Benteng Malewang, Amiruddin berpose bersama dengan pihak Dinas Kebutanan dan kelompok tani delima

GANTARANG, RADAR SELATAN.CO.ID — Desa Benteng Malewang, Gantarang, Bulukumba, terus memaksimalkan potensi yang dimiliki. Salah satunya adalah pengembangan dan pemanfaatan hasil hutan bukan kayu yakni pengembangan perlebahan atau budidaya lebah madu.

Kamis 10 November, kemarin, bertempat di Dusun, Kulepang, Desa Benteng Malewang, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Bulukumba,bersama pemerintah desa Benteng Malewang, dan kelompok tani Delima, menggelar panen bersama hasil budidaya lebah madu.

Ketua Kelompok Tani Delima, Darwis menjelaskan kalau budidaya lebah madu adalah salah satu petensi desa yang dimiliki sekaligus akan kami jadikan produk unggulan.
“Petani lebah madu yang tergabung dalam kelompok tani delima beranggotakan 23 orang dan telah lama melakoni budidaya lebah madu dan alhamdulillah telah berproduksi meskipun belum maksimal,”ujarnya.

Kepala Desa Benteng Malewang, Amriruddin mengatakan kedepannya pihaknya berharap makin banyak petani yang tergabung dalam kelompok tani dalam membudidayakan lebah madu. Dia menilai dengan budidaya lebah madu tersebut, diyakini akan meningkatkan taraf perekonomian warga.

“Selanjutnya produk kami ini akan dipasarkan melalui BUMDES Benteng Mandiri, tentu setelah melalui proses antara lain uji lab, melalui Dinas Kesehatan, Disperindag,”katanya

Selain itu untuk benar-benar menjamin kehalalan produk lebah madu tersebut. Pihaknyapun akan berkoordinasi dan mmeinta Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bulukumba untuk mendapatkan label produk halal layak untuk di dipasarkan.

“Kami pemerintah desa dan kelompok tani kedepannya akan melakukan pertemuan bersama dinas kehutanan untuk lebih mengembangkan lagi budidaya lebah madu ini, terima kasih kepada ibu kadis kehutanan yang telah membina kelompok ini sehingga sudah ada hasil yang bisa kita lihat, “ujarnya.
——–

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!