Kabar Gembira, 2017, Seribu Desa Terakses Internet – Radar Selatan

Radar Selatan

Hot News

Kabar Gembira, 2017, Seribu Desa Terakses Internet

MAKASSAR, RADAR SELATAN.CO.ID — Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Sulsel menargetkan 1000 desa di Sulsel terpasang internet pada 2017 mendatang. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dishubinfokom Sulsel, Ilyas Iskandar menjelaskan, sampai saat ini sudah sekitar 140 desa yang terpasang internet, dan yang sementara tahap pemasangan pada sekitar 200 desa.

Dikutip upeks.fajar.co.id, Ilyas menjelaskan, rencananya pada 2017 mendatang, untuk tahap pertama akan dipasang pada 500 desa dan akhir 2017 sudah 1.000 desa. “Yang sudah terpasang sekitar 140, terus yang masih tahap pemasangan ada 200 lebih yang kita rencanakan. Tahun berikutnya kita akan pasang 500 lagi, kerjasama dengan kominfo, sampai nantinya kita dapatkan angka seribu untuk tahap pertama,” ujar Ilyas, usai pencanangan gerakan seribu internet desa dan sosialisasi tanda tangan digital, di Grand Clarion Hotel, Selasa (8/11/16).

Setelah pemasangan tahap pertama sebanyak seribu desa, nantinya akan dilanjutkan dengan pemasangan tahap selanjutnya hingga seluruh desa di Sulsel yang berjumlah sekitar 3.500 desa terpenuhi. “Sampai akhir 2016 kita usahakan 340-an sudah terpasang. 2017 sudah sampai 1.000 desa pada akhir 2017,” jelasnya. Kepala Bidang Postel dan Telekomunikasi Dishubinfokom Sulsel, Hendra Tenri Tata mengatakan, internet desa tersebut diperuntukkan bagi desa pedalaman, desa pertanian, dan desa tertinggal.

Dengan program tersebut, diharapkan minimal masyarakat desa bisa mengetahui kejadian yang ada di dunia luar, termasuk juga mengetahui harga pasar komoditas pertanian melalui internet. Ia menambahkan, untuk pemasangan internet tersebut, pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), dan salah satu perusahaan penyedia layanan seluler dan internet. “Sekarang sudah masuk seratusan di 4 kabupaten, Jeneponto, Toraja Utara, Sinjai, dan Soppeng.

Bandwitchnya semakin hari semakin banyak, antusiasme masyarakat bagus,” katanya. Menurutnya, program tersebut bukan program baru, karena sebelumnya pihaknya sudah pernah mencanangkan program untuk meminimalisir blank spot internet di Sulsel, sehingga ini tinggal meneruskan dengan mencari desa yang belum terjangkau jaringan internet. Soal anggaran pemasangan, lanjut dia, tidak menggunakan dana dari APBN, karena dikerjasamakan dengan Kemenkominfo sebagai salah satu program kebijakan pelayanan universal.

Sedangkan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementrian Kominfo, Semuel A Pengerapan, menambahkan, sebenarnya pemerintah pusat juga sementara melaksanakan program untuk mengkoneksikan program internet kecamatan yang pernah ada. “Sekarang internet masuk desa. Jadi tujuannya agar internet bisa diakses dari seluruh desa, bukan hanya masyarakat kota. Kami dari pusat sangat mengapresiasi dan akan mendukung program dari Sulsel untuk gelar jaringan internet sampai seribu desa,” katanya.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!