KPUD Gagas Rumah Pintar Pemilu – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

KPUD Gagas Rumah Pintar Pemilu

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO ID — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bulukumba, khususnya Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat,  mulai mempersiapkan pendirian Rumah Pintar Pemilu. Salah satu komisioner KPU Bulukumba, Hasanuddin Salassa mengunggapkan, ide pembentukan Rumah Pintar Pemilu sudah ada sejak beberapa bulan terakhir.
“Kami sedang mempersiapkan infrastrukturnya. Rencananya akan menggunakan salah satu ruangan di Media Centre yang ada di Kantor KPUD,” ujar Hasanuddin, yang ditemui RADAR SELATAN, kemarin. Hasanuddin yang juga koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat mengungkapkan, Rumah Pintar Pemilu diharapkan bisa menjadi pusat informasi tentang Pemilu dari tahun ke tahun.
“Kami akan mendesain semenarik mungkin dan  dilengkapi dengan perpustakaan. Setiap orang akan mengetahui perkembangan Pemilu dari tahun ke tahun termasuk pilkada yang proses yang ada di dalamnya,” terang Hasanuddin.
Dengan adanya rumah pintar pemilu di Bulukumba, diharapkan ke depannya KPUD Bulukumba lebih mudah mendongkrak partisipasi pemilih pada setiap gelaran pemilihan umum yang dilaksanakan. Baik itu mendongkrak partisipasi pemilih untuk pemilu kepala daerah, pemilu legislatif, hingga pemilu presiden. (rls)
Info Grafis:
Rumah Pintar Pemilu
Rumah Pintar Pemilu merupakan bangunan fisik yang disesuaikan dengan kebutuhan memiliki kelengkapan sarana dan prasarana yang ideal. Minimal memiliki 4 (empat) persyaratan:
1. Ruang Audio Visual
Menayangkan sejarah kepemiluan, pelaksanaan Pemilu, sejarah pendirian, komisioner, tata cara pemungutan, tata cara penghitungan, calon-calon pada saat pelaksanaan dan penyelenggaraan, regulasi-regulasi penyelenggaraan.
2. Ruang Pamer/Alat Pegara
Yaitu yang memuat informasi kepemiluan. Bisa berupa bentuk Pamflet, poster, standing banner, buku-buku, display dsb.

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!