Kepala SMP 9 Pimpin Fopi – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Kepala SMP 9 Pimpin Fopi

FOTO BERSAMA. Pengurus Koni bersama pengurus Federasi Olahraga Petanque Indonesia (Fopi), Rabu 21 Desember kemarin, foto bersama di setelah kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) yang dilaksanakan di warkop Sanrego.

BULUKUMBA,RADAR SELATAN.CO.ID  — Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 9, A. Ahmad Kamal, terpilih menjadi Ketua Umum (Ketum) Federasi Olahraga Petanque Indonesia (Fopi), Rabu 21 Desember kemarin, di Musyawarah Daerah (Musda) yang dilaksanakan di warkop Sanrego.

Ahmad Kamal, mengaku, akan berjuang dan memajukan olahraga petanque di Bulukumba, yang saat ini mengejar  ajang eksebisi di Porda di kota Pinrang di 2018 mendatang.

Wakil Ketua Koni Bulukumba, H. Gunawan mengungkapkan,  Petanque adalah salah satu cabang olah raga yang masih terbilang baru di Indonesia. Pada mulanya olahraga ini dimulai di Mesir kemudian dikembangkan di Perancis hingga tersebar luas ke seluruh penjuru.

Untuk Indonesia sendiri, usianya baru sekitar 6 tahun sejak didirikan pada 18 Maret 2011 di Jakarta. Setelah itu, Petanque dipersiapkan untuk mengikuti SEA GAMES XXVI di Jakabaring, Sumatera Selatan. Sukses pada Sea Games tersebut Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) mendorong olahraga ini agar bisa dijadikan olahraga nasional. Usaha tersebut mendapat respon luas di masyarakat, termasuk di Sulawesi Selatan.

Salah satu upaya memperkenalkan olahraga ini, maka dibentuk juga pengurus kabupaten sebagai bagian atau perpanjangan tangan pusat dan provinsi. Kabupaten Bulukumba adalah salah satu yang telah menggelar Musyawarah Daerah (Musda) pembentukan pengurus olahraga Petanque pada Rabu, 21 Desember kemarin di warkop Sanrego, yang  tentunya, dengan adanya pengurus ini diharapkan mampu mencari dan melahirkan bibit-bibit atlet Petanque.

Saya berharal, pelantikan nanti ada pertunjukan olahraga ini yang didatangkan dari provinsi untuk memperkenalkan olahraga petanque yang memang sangat asing di Bulukumba.

 

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!