Disbudpar Target PAD Rp6,8 Miliar – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Disbudpar Target PAD Rp6,8 Miliar

WAHANA. Banana boat adalah salah satu wahana alternatif warga yang ingin mencoba tantangan laut Pantai Bira.

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bulukumba menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata sekira Rp6,8 milyiar.

Kepala Disbudpar Kabupaten Bulukumba, Djunaedi Abdillah optimis PAD tersebut bisa tercapai tahun 2017 mendatang.

“Kami yakin target itu bisa tercapai melihat jumlah wisatawan yang terus mengalami peningkatan,” katanya,  kepada RADAR SELATAN, Kamis, 22 Desember 2016.

Dikatakannya untuk target PAD di sektor pariwisata di tahun 2016 ini sekira Rp3,6 miliar.

“InsyaAllah di akhir tahun ini kami juga bisa mencapai target ini, apalagi sebentar lagi momen perayaan Natal dan Tahun Baru biasanya lokasi wisata dipadati pengunjung,” katanya.

Untuk mencapai target tersebut, Disbudpar terus melakukan pembenahan di tempat-tempat wisata seperti rumah makan dan beberapa lainnya.

“Sebelumnya memang sudah kami lakukan pelatihan bagi pengusaha rumah makan dan perhotelan, dan sekarang tinggal menunggu sertifikat dari kementerian,” katanya.

Terlepas dari itu, upaya peningkatan PAD juga bisa dilakukan dengan adanya pemberantasan pungutan liar (pungli) di setiap lokasi wisata.

“Saya dengan tegas mengatakan kalau ada oknum kami atau oknum dari pariwisata yang melakukan pungli silahkan dilaporkan langsung ke pihak kepolisian supaya ditindak lanjuti,” jelasnya.

Apalagi kata Djunaedi Abdillah, pihaknya telah bekerja sama dengan pihak kepolisian dan TNI untuk mengawasi langsung lokasi wisata.

“Jadi di pintu masuk seperti Bira disana kami tempatkan dua petugas 1 dari TNI dan 1  dari kepolisian untuk berjaga di lokasi pembelian tiket supaya tidak ada pungli atau penggelapan dalam penjualan tiket masuk,” katanya.

To Top