LMI Dorong Pemekaran Kecamatan di Bantaeng – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

LMI Dorong Pemekaran Kecamatan di Bantaeng

BANTAENG, RADAR SELATAN.CO.ID — Lembaga Mitra Indonesia (LMI) mendorong pemekaran kecamatan di Kabupaten Bantaeng. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi kepadatan penduduk ke depan dengan adanya Smalter Bantaeng.
Direktur LMI, Andi Sultah mengatakan, pihaknya telah melakukan pengkajian internal di LMI terkait pemekaran kecamatan sejak 2015 lalu. Ada tiga hal yang menjadi pertimbangan pihaknya sehingga dianggap perlu pemekaran kecamatan dari delapan kecamatan menjadi sembilan kecamatan
“Yang pertama itu mengantisipasi kepadatan penduduk, kemudian adanya lahan produktif yang tidak terlalu dimanfaatkan, dan mengantisipasi penduduk imigrasi,” ungkapnya, Selasa, 10 Januari 2017.
Sultan menjelaskan, adanya lahan produkti yang tidak terlalu dimanfaatkan ini berada di daerah pegunungan yang meliputi di Kecamatan Sinoa, Eremerasa, dan Tompobulu. Kemudian ke depannya, Bantaeng akan semakin padat penduduk dengan adanya smalter yang masuk dalam perencanaan nasional.  “Apalagi di Pajukkukang beberapa desa kemungkinan akan digusur seperti Desa Papanloe, kemudian Borongloe, dan Baruga. Ini tentu membutuhkan tempat yang baru,” jelasnya.
Menurutnya, dibutuhkan sebuah perencanaan yang termuat dalam dokumen rencana startegis daerah. Pemekaran kecamatan atau permukiman baru dianggap mengantisipasi hal ini.
Untuk lebih lanjut wacana ini, kata Sultan akan dikaji secara umum dengan melibatkan legislatif dan eksektuif, kemudian dari akademisi dan politisi serta tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan  termasuk ormas. “Ini diwacanakan Juni 2017, tentunya melibatkan stakeholder terkait dan semua pihak secara umum,” katanya. (*)

Comments

comments

To Top