Ini Penyebab Kenaikan Harga Cabai Menurut AGRA – Radar Selatan

Radar Selatan

Hot News

Ini Penyebab Kenaikan Harga Cabai Menurut AGRA

ilustrasi (int)

RADAR SELATAN.CO.ID — Harga cabai yang mengalami kenaikan sejak akhir tahun hingga saat ini tidak kunjung diturunkan oleh pemerintah, disisi yang lain pemerintah justeru memberikan informasi yang tidak jelas dan tidak konsisten kepada public mengenai alasan tingginya harga Cabai yang sudah diluar ambang nalar dan kemempuan daya beli rakyat.

AGRA berusaha untuk menyimpulkan penyebab dan siapa yang diuntungkan atas tingginya harga cabai dipasaran. Dari keseluruhan urain dalam tulisan yang bersumber dari Informasi-informasi di media dan informasi yang dikumpulkan dilapangan. Berikut penyebabnya:

AGRA menyimpulkan bahwa: Pertama, Tingginya harga Cabai dipasaran sejak akhir tahun 2015 hingga saat ini, bukanlah karena kelangkaan, bukan pula karena pasokan cabai melainkan adanya pengendali harga oleh pemonopoli Cabai.

Kedua, Pemerintah melalui kementrian pertanian telah memiliki kebijakan khusus masalah cabai dan komoditas-komoditas pertanian penting lainnya, namun dalam penilaian AGRA, kebijakan pemerintah tersebut bukan untuk memenuhi kebutuhan cabai secara nasional, guna menjamin terpenuhinya kebutuhan rakyat atas Cabai secara cukup dan terjangkau. Sebaliknya, melalui Bulog pemerintah justeru melakukan monopoli cabai dan pengendali harga cabai dipasar yang saat ini mencekik masyarakat.

Ketiga, pihak petani sebagai pihak produsen bukanlah pihak yang diuntungkan, Pemerintah Melalui Bulog yang membangun kemitraan dengan petani Justeru tidak menjadikan petani pihak yang diuntungkan dalam kemitraannya.

Keempat, program kemitran pemerintah dengan petani yang diinisiasi oleh BI terbukti gagal karena tidak mampu menekan laju lonjakan harga seperti sekarang ini dan juga tidak mampu menekan laju inflasi akibat dari kenaikan harga cabai tersebut yang sudah mencapai 1,3% di NTB.

Kelima : Berdasarkan seluruh uraian tersebut, maka AGRA menyimpulkan presiden Jokowi harus bertanggungjawab atas tingginya harga cabai dipasar oleh karenaya Presiden harus segera mengambil tanggungjawab untuk menurunkan harga cabai di pasar dan harus menetapkan harga beli cabai di petani yang lebih adil dalam skema kemitraan sebagaimana program kemitraan yang sedang dijalankan oleh pemerintah

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!