Tomy Satria Minta Kades Tekan Angka Kemiskinan – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Tomy Satria Minta Kades Tekan Angka Kemiskinan

SAMBUTAN. Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto saat memberikan sambutan di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba di acara penyerahan pagu dana desa kepada 109 desa, Rabu, 18 Januari 2017.

# 127 Ribu Warga Miskin di Bulukumba

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto mengungkapkan bahwa jumlah warga miskin di Kabupaten Bulukumba mencapai 127 ribu jiwa.

Jumlah tersebut kata Tomy tersebar di sepuluh kecamatan di Bulukumba. Ia meminta ada program pengentasan kemiskinan. Jangan hanya pembangunan fisik saja. Harus ada program yang langsung menyentuh masyarakat.

“Dana desa harus punya dampak positif bagi warga desa. Untuk program pengentasan kemiskinan. Desa harus memiliki data warga miskin. Percuma Rp1,5 miliar digelontorkan kepada setiap desa, kalau jumlah warga miskin tidak berkurang atau hanya akan bertambah,” kata Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, di Kantor Bupati Bulukumba di acara penyerahan pagu dana desa kepada 109 desa, Rabu, 18 Januari 2017.

Wabup menegaskan, program desa harus sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Bulukumba. Urusan kecil yang selama ini urus oleh Pemda sudah saatnya diurus oleh desa.

“Misalnya pembangunan jalan usaha tani, irigasi tersier, serta pengadaan hand tracktor. Desa bisa menyiapkan dana Rp 100 juta untuk pengadaan hand tracktor,” jelasnya.

Tomy menambahkan, alokasi dana desa saat ini rata-rata mencapai Rp1,5 miliar per desa, harus dibarengi dengan transparansi dan pertanggung jawaban yang baik.

“Saya tidak ingin ada kepala desa yang berurusan dengan hukum. Perkuat kelembagaan desa, sehingga semua parangkat desa bisa berfungsi agar tidak semua urusan desa dibawa ke kabupaten untuk diurus bupati dan wakil bupati,” terang Wabup Tomy Satria Yulianto. (*)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!