Dinas Pariwisata Bersih-Bersih Pantai Bira – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Dinas Pariwisata Bersih-Bersih Pantai Bira

Petugas Dispar saat melakukan aksi bersih-bersih di Kawasan Pantai Bira akibat banyaknya sampah kiriman yang diduga dari Flores NTT.

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bulukumba kembali terjun melakukan kegiatan aksi bersih pantai di kawasan Pantai Bira. Aksi bersih-bersih tersebut berlangsung Jumat pekan lalu.

Kepala Dispar Bulukumba, Ali Saleng menjelaskan bahwa aksi tersebut dilakukan lantaran sampah disekitar pantai cukup merusak keindahan.

“0Sampah ini merupakan sampah kiriman dari laut Floresberupa rumput-rumput laut yang biasanya rumbuh di pecahan karang yang terbawa arus gelombang hingga ke Pantai Bira,” katanya di ruang kerjanya, Rabu, 25 Januari 2017.

Seperti biasanya, lanjut dia setiap bulan Januari pantai pasir putih (bira) akan diserbu oleh sampah-sampah kiriman tersebut.

“Kondisi ini akan berlangsung selama tiga hingga empat bulan ke depan,” katanya.

Namun karena sampah-sampah tersebut bercampur dengan ranting kayu dan sampah plastik sehingga membuat petugas kewalahan untuk mengatasinya karena jumlahnya terbilang cukup banyak.

“Terbatasnya sarana pendukung menjadi kendala tersendiri, kendaraan roda empat yang diturunkan tidak dapat dimaksimalkan karena sewaktu-waktu terperangkap dalam pasir,” ungkap Ali Saleng.

Diharapkan ke depan akan diturunkan pengangkut sampah berupa traktor.

“Sementara dipikirkan juga jika pimpinan merestui untuk pelibatan seluruh Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) dalam mengatasi sampah-sampah kiriman tersebut,” tutupnya. (*)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!