MUI Dukung Usulan Kemenag Penceramah di Sertifikatkan – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

MUI Dukung Usulan Kemenag Penceramah di Sertifikatkan

ilustrasi (int)

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Kementerian Agama (Kemenag) RI mengusulkan semua penceramah wajin memiliki sertifikat. Usulan itu disambut baik Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Bulukumba.

Ketua MUI Bulukumba, Tjamiruddin mengapresiasi usulan Kemenag itu. Pasalnya, kata dia, saat ini masih banyak khatib yang tidak memberikan penyejuk hati dan menyatukan ummat. Hanya karena modal keberanian tanpa didukung keilmuan agama yang paten.

Ia juga menilai sertifikasi dai diharapkan bisa menambah pemahaman masyarakat dan tidak memecah belah ummat.

“Dengan adanya Sertifikasi bisa mengantisipasi khutbah yang mengandung muatan-muatan konfrontatif yang bisa memberi pengaruh negatif pada masyarakat,” katanya.

“Dai tanpa sertifikasi keilmuan istilahnya seperti Singa Podium, di mana saja dia bicara bisa, namun tidak ada isinya, hanya menghasut saja. Seharusnya menyampaikan ada dasarnya,” tambah Tjamiruddin.

Lanjut Tjamiruddin, Dai seharusnya memberikan pemahaman, menyegarkan hati, dan menyatukan ummat, tidak asal-asalan dan bisa menjadikan kerancauan di kalanagan masyarakat.

Selain MUI, DPRD Bulukumba, Fahidin HDK juga menyambut baik pertimbangan Kemenang agar khatib memiliki sertifikat, karena hal ini berpengaruh pada masyarakat yang mendengarkan isi khutbah.

“Saya rasa itu bagus. Dengan adanya sertifikasi ini, pengisi khutbah tentu tidak akan sembarangan lagi,” ujar kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ini. (*)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!