Wakapolres: Pungli Timbulkan Ketidakpercayaan Publik – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Wakapolres: Pungli Timbulkan Ketidakpercayaan Publik

SAMBUTAN. Waka Polres Bulukumba Kompol Agus Khaerul selaku Ketua Tim Saber Pungli Kabupaten Bulukumba menyampaikan sambutan dalam acara sosialisasi, Rabu, 22 Februari 2017.

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO ID  — Tim Satuan Tugas Sapu Bersih (Satgas Saber) pungutan liar menggelar sosialisasi sistem pencegahan dan pemberantasan pungutan liar. Sosialisasi dilakukan di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba, Rabu, 22 Februari 2017.

Dalam sosialisasi itu, Tim Saber Pungli menekankan jika pihaknya mengejar target penangkapan dengan melakukan operasi tangkap tangan atau OTT. OTT itu bahkan mengintai di instansi pelayanan publik.

Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto membuka kegiatan sosialisasi dan mengingatkan kepada Aparartur Sipil Negara (ASN) untuk tidak main-main dengan pungutan yang tidak resmi.

 

Menurutnya, peluang pungli di instansi sangat terbuka lebar. Salah satu contohnya di instansi Dinas Perhubungan (Dishub).
“Di Dishub ada pengurusan KIR, pemungutan retribusi serta perizinan-perizinan lainnya. Jadi jangan coba-coba lakukan pungli,” tegas wabup.

 

Lanjut wabup, memberi dan menerima sama-sama bisa dipidana dan hukumannya sangat berat. “Sama saja yang memberi dan menerima, jadi sekali lagi jangan coba-coba,” tuturnya.

 
Sementara itu, Ketua Tim Satgas Saber Pungli Waka Polres Bulukumba Kompol Agus Khaerul yang bertindak sebagai pemateri menilai pungli memberikan dampak buruk, pungli juga bisa menyebabkan ekonomi biaya tinggi dan merusak tatanan masyarakat serta menghambat pembangunan dan menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat kepada pemerintah.

 
Untuk itu, pihaknya akan membangun system pencegahan dan pemberantasan dan akan memanfaatkan teknologi informasi dan melakukan operasi tangkap tangan.

 

“Sama dengan pak wabup, kami berharap jangan sampai ada yang OTT. Harapan kami dengan adanya satgas ini, pungli kami berantas, korupsi disikat, pelayanan meningkat dan masyarakat sejahtera,” harapnya.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!