Pemkab Genjot,  Komuditas Bulukumba Bisa Tembus Pasar Dunia – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Pemkab Genjot,  Komuditas Bulukumba Bisa Tembus Pasar Dunia

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.Id — Kabupaten Bulukumba salah satu daerah yang memiliki beragam komuditas yang bisa diandalkan, bahkan diharapkan komuditas Bulukumba bisa tembus ke pasar dunia.

Bupati Bulukumba, AM. Sukri Sappewali mengatakan bahwa mulai tahun ini, dia akan mengajak seluruh elemen terkait untuk membagi wilayah komuditas di masing-masing kecamatan.

Menurut Andi Sukri, setelah dia mengikuti pertemuan dengan Dirjen Perdagangan Luar negeri dan para eksportir, Jumat kemarin, dalam waktu dekat, dia akan mengundang pemangku kepentingan untuk duduk bersama, membahas potensi komuditas unggulan Bulukumba.

Yang jelas katanya, empat komuditas Bulukumba diharapkan bisa tembus pasar dunia, yaitu jambu mente, kakao, kopi dan rumput laut.

“Untuk komuditas jambu mente akan dikembangkan di Kecamatan Bontotiro, Herlang dan sekitarnya, kopi di Kecamatan Kindang, Kakao di Rilau Ale, rumput laut di kawasan pantai. Untuk memutuskan lokasi pengembangan ke empat komuditas unggulan ini, perlu duduk bersama dengan ahlinya, yang jelas kita akan kembangkan sesuai dengan kondisi tanahnya,” jelas bupati.

Selain itu, komuditas unggulan lainnya yang diharapkan bisa tembus ke pasar dunia adalah lada. “Makanya, perlu ada pembagian wilayah komuditi,” ujarnya.

Dan rencananya, Maret mendatang, tim dari Thailand akan berkunjung ke Bulukumba melihat dari dekat lokasi pengembangan komuditas unggulan Bulukumba.

To Top