Sahabat Muda-AFS, Sosialisasi Pertukaran Pelajar – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Sahabat Muda-AFS, Sosialisasi Pertukaran Pelajar

BULUKUMBA, RADAR SELATAN. CO.ID — Dalam rangka mendukung pemerintah untuk meningkatkan sumber daya manusia. Sahabat Muda, menggandeng American Field Service (AFS) atau Bina Antar Budaya, menggelar sosialisasi pertukaran pelajar, yang bertempat di ruang pola Kantor Bupati Bulukumba, Sabtu, 4 Maret 2017.

Setidaknya ada sekitar 150 siswa-siswi yang tersebar di sepuluh Kecamatan Bulukumba, ikut dalam kegiatan sosialiasi tersebut.

Ketua Sahabat Muda, Andi Anwar Purnomo, menjelaskan AFS atau yang dikenal di Indonesia, Bina Antarbudaya adalah lembaga nirlaba yang mengelola program pertukaran pelajar di Indonesia, bermitra dengan AFS International Program yang merupakan organisasi pertukaran pelajar terbesar di dunia. Setiap tahun, Bina Antarbudaya mengirimkan siswa-siswi terbaik Indonesia untuk tinggal dan belajar di 44 negara di dunia dalam program pertukaran budaya.

“Siswa-siswi ini dipilih melalui beberapa tahapan seleksi yang sangat kompetitif untuk memastikan bahwa pelajar yang dikirm benar-benar yang terbaik sebagai duta Indonesia, tanpa membedakan membedakan agama, ras, suku, maupun latar belakang sosial, ekonomi,”jelas pemuda yang akrab disapa Andi Aan ini.

Dia menambahkan, tujuan sosialisasi tersebut untuk menbuka ruang dan kesempatan bagi pelajar asal Bulukumba, untuk mengambangkan bakat dan potensinya untuk belajar di luar negara, khsusunya pemahaman terkait budaya.

“Seleksinya sangat kompetitif sekali. Syaratnya yah harus paham kondisi daerah serta budaya dan tentunya mampu berbahasa inggris. Tentunya mereka yang lolos paham dan tau budaya di Indonesia, karena nantinya mereka akan memperkenalkan Budaya Indonesia di negara luar, “jelasnya.

Sebelum menggelar sosialisasi, rombongan AFS dan Bina Antar Budaya, diterima langsung oleh Bupati Bulukumba, Andi Sukri Sappewali, di Rumah Jabatan. Turut hadir dua pekajar asal Jerman dan Italia.

To Top