Jaga Kearifan Lokal, FDI Gelar Seminar Kebudayaan – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Jaga Kearifan Lokal, FDI Gelar Seminar Kebudayaan

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Memudarnya kearifan lokal dan budaya akibat pengaruh percepatan teknologi dan arus globalisasi yang tidak bisa dibendung, membuat berbagai pihak tergerak untuk terlibat langsung menjaga nilai-nilai keraifan lokal. Salah satunya adalah, Forum Dosen Indonesia (FDI) Selatan Raya, yang berinisiatif menggelar seminar kebudayaan.

Seminar itu sendiri, rencananya akan dilaksanakan di ruang Pola Kantor Bupati, Sabtu 11 Maret 2017 mendatang pada pukul 10.00 pagi. Diprediksi akan banyak elemen pemuda dan organisasi yang akan berpartisipasi dalam seminar tersebut, termasuk seluruh pengurus FDI Selatan Raya, yang tersebar di sejumlah daerah, seperti Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Kepulauan Selayar dan Sinjai.

Ketua Panitia Seminar, Arfendy Pranata mengatakan, tujuan dari diadakannya seminar tersebut merupakan wujud konsistensi pengiat pendidikan ataupun kebudayaan dalam rangka menjaga kearifan lokal khususnya di Selatan Sulsel. Selain itu, dalam seminar nantinya akan ikut dirumuskan kiat dan langkah soluktif guna membantu pemerintah demi tercapaianya tujuan pembangunan baik SDM maupun SDA.

“Tema yang kita usang yaitu Membangun sumber daya manusia menuju peradaban modern. Yang akan jadi pembicara yaitu Pak Wakil Bupati, Tomy Satria, Perwakilan dari Kalla Group, Bapak Syamril, serta dari Dewan Pengurus Daerah (DPD) Forum Dosen Indonesia (FDI) Prov Sulsel dan akan di pandu Dosen STMIK Bina Adinata Bulukumba, Ibu Widya Rizky Pratiwi, S.Pd.,MM,”jelasnya.

Terpisah, Ketua DPC FDI Selatan Raya, Suardi Mansing, menjelaskan, kalau kegiatan tersebut terbuka untuk umum, dengan harapan seluruh elemen penting ikut terlibat dalam seminar tersebut, khususnya dalam menyatukan ide dan gagasan demi perbaikan daerah.

“Sasaran peserta kita umum, pemuda, penggiat budaya, akademisi, mahasiswa dan pelajar karena kita mau menyatukan pandangan dan gagasan tentang budaya kita dalam membangun sumber daya manusia kedepan ditengah arus modernisasi,”pungkasnya.

To Top