Akper Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Akper Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana

BULUKUMBA, RADAR SELATAN. CO. ID — Kampus Akademi Keperawatan (Akper) Bulukumba, melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Akper, menggelar pelatihan penanggulangan bencana, Jumat 10 Maret 2017.

Pembantu Direktur III, Akper Bulukumba, Muh Eka Satria Irawan, menjelaskan ada 167 mahasiswa Akper yang terlibat langsung dalam kegiatan dengan kerjasama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba. Tujuanya adalah, pengembangun soft skill bagi mahasiswa Akper, khususnya pemahaman soal bencana dan penanggulangannya.

“Bencana alam adalah konsekuensi dari kombinasi aktivitas alami dan aktivitas manusia, seperti letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, banjir dan tanah longsor,” kata Muh Eka.

Menurut dia, karena ketidakberdayaan manusia, akibat kurang baiknya manajemen keadaan darurat, maka bencana alam menyebabkan kerugian materil dan struktural, bahkan sampai kematian. Kerugian yang dihasilkan tergantung pada kemampuan mencegah atau menghindari bencana, dan daya tahan serta kesiapsiagaan dan kesigapan para aparatur negara yang telah terlatih.

“Saya sangat mengapresiasi BEM Akper yang aktif dalam melakukan kegiatan pengembangan soft skil. Kedepannya Akper akan terus bergerak maju dalam proses pengembangan SDM masyarakat Sulsel terkhusus masyarakat Bulukumba dalam dunia pendidikan,”katanya.

To Top