Tim PKM Caile Periksa Kesehatan Anak Didik – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Tim PKM Caile Periksa Kesehatan Anak Didik

PERIKSA. Petugas Puskesmas Caile, saat melakukan pemeriksaan gigi dan mulut anak TK, pada kegiatan penjaringan anak TK yang dilakukan se Kecamatan Ujung Bulu diikuti 40 sekolah

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Dalam rangka Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK) pada anak, Tim dari Puskesmas Caile melakukan penjaringan anak Taman Kanak-kanak se Kecamatan Ujung Bulu yang diikuti 40 sekolah.

Petugas Koordinator dari Puskesmas Caile, Nurwahibah mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan untuk menemukan secara dini penyimpangan tumbuh kembang pada anak.

Dengan lebih dini terdeteksinya penyimpanan tumbuh kembang akan memberikan penanganan lebih cepat dan sesuai. “Dalam kegiatan ini murid bisa mampu mengetahui kesehatan tubuhnya, apakah menurun atau naik. Dan petugas juga memberikan vitamin A kepada murid secara bergiliran,” katanya, kemarin.

Penjaringan anak TK ini, kata Wahibah, masuk dalam Program UKS, Gizi, Promkes , Kesling, dan KIA. Petugas melakukan pengukuran TB (Tinggi Badan), BB (Berat Badan), dan LKB (Lingkaran Kepala Bertahap). Ini dilakukan dengan prekuensi waktu tiga bulan sekali.

“Tugas lain dari tim juga, lanjut Wahibah, memeriksa gigi, mulut, serta kebersihan kuku,” tambahnya.

To Top