Selamat Jalan Senior, Selamat Jalan Mantan Pimred Radar Selatan – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Nasional

Selamat Jalan Senior, Selamat Jalan Mantan Pimred Radar Selatan

Foto Alm Zainuddin Saleha (Karaeng')

MAKASSAR, RADAR SELATAN. CO. ID — Kabar duka datang dari jurnalis senior Harian FAJAR, Zainuddin Saleha. Dia berpulang setelah kurang lebih setahun terakhir ini berkutat dengan penyakit yang dideritanya. Zainuddin Saleha sendiri merupakan mantan Pimpinan Redaksi (Pimred) Harian Radar Selatan.

Beberapa waktu belakangan ini, Zainuddin Saleha yang dikenal sebagai gurunya wartawan kriminal itu harus menjalani cuci darah tiga kali sepekan. Kondisi itu membuat dia harus istirahat penuh dari aktivitas jurnalistik.

Sebelum istirahat karena sakit, pria yang akrab disapa “Karaeng” ini ditugaskan menjadi editor di Fajaronline.com. Dia sempat dibesuk Ketua PWI Sulawesi Selatan yang juga Direktur Utama Harian FAJAR, HM Agus Salim Alwi Hamu, pada Januari 2017. Saat itu, Zainuddin masih bisa bercengkerama.

Sepekan terakhir, Karaeng masih aktif cuci darah di RS Islam Faisal, Makassar. Sempat dirawat beberapa hari, lalu keluar pada Rabu (22/3/2017). Selanjutnya, pada Jumat (24/3/2017), dia kembali menjalani cuci darah di rumah sakit tersebut.

Menurut penuturan istrinya, sepulang cuci darah, Karaeng tampak seperti diare. Dia lebih sering buang air. Kondisi itu membuatnya kian lemah hingga tidak mampu berbicara. Esok harinya, tepatnya pada Sabtu (25/3/2017), dia tidak lagi buang air.

Keluarga menduga sudah sembuh. Apalagi, Karaeng masih sempat duduk. Namun, tampak gelisah. Sedikit-sedikit baring, lalu duduk lagi. Dia juga mengalami sesak nafas. “Selama ini memang sering sesak nafas, sehingga kami anggap biasa ji, ternyata Bapak sudah pergi,” katanya sambil terisak.

Ungkapan duka langsung berdatangan. Termasuk dari Husain Abdullah, juru bicara Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

“Almarhum seorang yang rendah hati dan mudah berbagi informasi. Zainuddin Saleha, salah seorang pelopor wartawan kriminal di Makassar. Kiprah dan dedikasinya untuk liputan hukum dan kriminal jarang ada duanya. Selamat jalan sahabat,” komentar Husain, Sabtu malam (25/3/2017).

Sementara itu, Muh Irwan, yang merupakan jurnalis Radar Selatan, menceritakan kalau sosok Zainuddn Saleha, merupakan jurnalis senior yang yang telah banyak memberikan ilmu khususnya bagi perkembangan Radar Selatan, Zainuddin Saleha, dimata dirinya dan teman-temanya di Radar Selatan, dikenal sebagai seorang yang berwibawa, sabar namun tegas.

“Dulu kalau ada berita yang tidak lengkap konfirmasi, pasti akan kena marah dan diminta lengkapi, tapi saat kita dimarahi beliau ajari kita. Intinya beliau selalu ajarkan kita jadi jurnalis yang profesional. Selamat jalan ayahanda, selamat jalan senior, karyamu akan selalu dikenang, “kenang Irwan.

Saat ini jenazah disemayamkan di rumah duka di Jalan Tamalate 4, setapak 2, Makassar. Rencananya, jenazah Zainuddin Saleha akan dikebumikan di Jeneponto, Minggu (25/3/2017). Selamat jalan senior! Semoga karya-karyamu bernilai ibadah di sisi Allah Ta’ala.

To Top