1.155 Siswa Ikuti UNBK, Sarana Komputer Jadi Kendala Ujian – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

1.155 Siswa Ikuti UNBK, Sarana Komputer Jadi Kendala Ujian

NINDAR ROSMAWAN / RADAR SELATAN SERIUS. Salah seorang siswa terlihat serius menjawab soal pada pelaksanaan UNBK, berlangsung, Senin, 10 April.

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Bulukumba, masih menjadi persoalan. Khususnya dalam penyediaan sarana prasarana komputer di masing-masing sekolah di daerah berjuluk Bumi Panrita Lopi ini.

Plt Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulukumba, H Ahmad Januaris mengatakan, pelaksanaan UNBK berlangsung sejak 10 hingga 13 April mendatang. di 2017 hanya empat sekolah melaksanakan UNBK. Sebab ini juga secara bertahap karena minimnya sarana dan pembiayaan. “Kami berharap 2018 mendatang yang ikut UNBK lebih banyak dibanding tahun ini dan mudah-mudahan lebih banyak bantuan sarana dari pemerintah pusat,” cetusnya.

Apalagi, kata dia, UNBK manfaatnya sangat bagus lantaran irit biaya dan tidak banyak embel-embel. “Kalau manual mana soalnya didistribusikan dan diamankan di masing-masing polres jadi ribet sedangkan UNBK simpel. Lagipula respons siswa sangat tinggi terkait UNBK,” kata dia.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Bulukumba, Muh Rusli mengatakan, ketersedian sarana dan prasarana juga dibantu oleh orangtua siswa, guru khususnya pengadaan laptop. Dimana sarana yang tersedia sebanyak 135 unit.

“Setiap hari dibagi atas tiga season dan memanfaatkan tiga ruangan. Masing-masing satu sesi 113 peserta dari tiga ruangan. Semoga lancar koneksi internetnya,” ungkapnya.

Senada Kepala SMAN 9 Bulukumba, Muhammad Safri mengaku peserta UNBK di SMAN 9 Bulukumba sebanyak 263 orang. Hanya saja pada hari pertama pelaksanaan sedikit terganggu lantaran lampu sempat padam. Akan tetapi semuanya bisa diantisipasi. “Kami juga bagi atas tiga season karena keterbatasan sarana dan prasarana di SMAN 9 Bulukumba. Kami rasa empat SMA yang melaksanakan UNBK sarananya masih minim,” ungkapnya.

Selain itu, sebanyak 424 siswa Madrasah Aliyah (MA) mengikuti UNBK, dilaksanakan MAN Tanete Bulukumba. Kepala MAN 1 Bulukumba, Sabil mengatakan, jumlah tersebut terhitung dari lima madrasah yakni MA Sapobonto, MA Gunturu, MA Palampang, Darul Qalam dan MAN 1 Tanete Bulukumba, dan madrasah-madrasah tersebut merupakan Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MAN 1 Tanete.

“Sebelum kami melaksanakan Ujian Nasional (UN) sebelumnya kami melakukan pembimbingan dan pengarahan kepada sejumlah siswa yang akan mengikuti ujian dan para pengawas ujian,” ungkapnya, Senin 10 April.

Sabil juga mengungkapkan bahwa hal tersebut salah satu upaya yang dilakukan untuk mensukseskan pelaksanaan ujian tersebut. “Kami melakukan pengarahan terkait tata aturan pelaksanaan ujian, agar ujian bisa berjalan lancar, dengan jujur,” ujarnya. (**)

SMA Melaksanakan UNBK di Kabupaten Bulukumba

SMA Negeri 1 Bulukumba
* Jumlah siswa sebanyak 337 orang

SMA Negeri 8 Bulukumba
* Jumlah siswa sebanyak 318 orang

SMA Negeri 9 Bulukumba
* Jumlah siswa sebanyak 263 orang

SMA Negeri 10 Bulukumba
* Jumlah siswa sebanyak 237 orang

Total siswa SMA yang ikut UNBK 2017 sebanyak 1.155 orang

To Top