Pipink Jadi Pembicara di Pengkaderan Komunitas Peduli Sungai – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Pipink Jadi Pembicara di Pengkaderan Komunitas Peduli Sungai

BULUKUMBA, RADAR SELATAN. CO.ID –Anggota DPRD Provinsi Sulsel Fraksi Partai NasDem, Arum Spink tampil sebagai pembicara pada acara Pengkaderan Komunitas Peduli Sungai (KPS) Angkatan I Wahana Sekolah Sungai Kabupaten Bulukumba di Gedung SKB, Sabtu 15 April 2017, akhir pekan lalu.

Dalam materinya, Mantan Ketua Komisioner KPU Bulukumba ini menegaskan soal pentingnya komitmen menjaga sungai dalam keberlangsungan lingkungan dan kehidupan. Disebutnya sejumlah kerusakan yang terjadi akibat sungai-sungai tak terjaga baik.

“Bagaimana pendangkalan tidak terjadi jika sungai dijadikan tempat pembuangan sampah. Bagaimana kualitas sungai bisa terjaga jika sungai tidak kita rawat,”Paparnya

Dia menambahkan, adanya sejumlah persoalan seperti banjir, penyakit dan sebagainya di Bulukumba, tidak terlepas dari ketidakpedulian sejumlah masyarakat yang tidak begitu memperhatikan sungai.

“Kita miris kondisi sungai-sungai kita terkhusus di Bulukumba, ada dijadikan tempat pembuangan sampah, bahkan parahnya dibibir sungai ada dijadikan tambang, ini kan berbahaya. Saya mengapresiasi kegiatan pengkaderan bertema pejuang lingkungan ini. Jika sungai kita jaga, maka sungai pun akan menjaga kita,”tegas pria yang akrab disapa Pipink ini.

Ditanya soal langkah yang harus dilakukan, untuk menjaga keberlangsungan fungsi sungai. Pipink memaparkan konsep restorasi sunga, penting dilakukab, diijelaskannya bahwa restorasi sungai adalah upaya mengembalikan fungsi sungai seperti semula. “Masyarakat harus diberi kesadaran awal. Setidaknya perilaku membuang sampah di sungai harus dihentikan. Hulu dan hilir harus terjaga. Begitu juga dengan pendangkalannya. Yah sekrang mungkin dampaknya belum terlalu terasa, tapi beberapa tahun kedepan akan berimbas kepada anak cucu kita, “terangnya

Acara ini sendiri dilaksanakan LSM Komunitas Peduli Sungai Kabupaten Bulukumba. Dan diikuti sejumlah element dan latar belakang mulai pengajar, wartawan, pegawai kesehatan, NGO, Mahasiswa. Pengkaderan ini berlangsung mulai tanggal 14 April hingga 16 April 2017.

To Top