Lurah Se Kecamatan Ujung Bulu, Belajar Pengelolaan Sampah – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Lurah Se Kecamatan Ujung Bulu, Belajar Pengelolaan Sampah

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Sebanyak sembilan kelurahan se Kecamatan Ujung Bulu, melakukan kunjungan belajar di Kecamatan Panakukang dan Rappocini Kota Makassar. Kunjungan itu sendiri dalam rangka belajar pengelolaan sampah. Senin 17 April 2017.

Kunjungan para Lurah itu sendiri dipimpin langsung Camat Ujung Bulu, Aprisal. Kepada Radar Selatan, dia menjelaskan dipilihnya Kecamatan Panakukang dan Rappocini karena dinilai kedua Kecamatan tersebut merupakan kecamatan yang berhasil dalam melakukan pengelolah sampah, khususnya pengelolaan kebersihan, sampah dan lingkungan hijau di lorong-lorong.

“Saat ini, beberapa Keĺurahan di Kecamatan Ujung Bulu lagi giat-giatnya mengelolah sampah, kebersihan dan penghijauan lorong dalam bentuk Program Gerebek Lorong, ini sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Kecamatan Ujung Bulu dalam mengelolah kebersihan, makanya saya boyong semua Lurah untuk melihat dan belajar langsung terkait pengelolaah kebersihan lorong”, tegas Aprisal

Lebih lanjut, Aprisal mengatakan, jika Pemerintah Kecamatan tidak hanya fokus dalam mengelolah kebersihan, sampah dan terciptanya lingkungan yang hijau, akan tetapi mencoba untuk melakukan program penyadaran masyarakat akan pentingnya budaya hidup bersih. Olehnya itu, program gerebek lorong dimaksimalkan adanya pelibatan aktif masyarakat untuk melakukan pengecetan lorong serta pagar rumahnya masing-masing.

“Membiasakan masyarakat hidup bersih, insya Allah pada akhirnya akan menjadi budaya”, harap Aprisal.

Dalam kunjungan Camat dan Lurah Se Kecamatan Ujung Bulu diterima dan diantar langsung Sekrtaris Camat (Sekcam) Panakukang, A.Pangerang. Selain diterima secara formal di Aula Kantor Camat dalam rangka memaparkan program dan kegiatan secara umum terkait kebersihan, A.Pangerang juga memperkenalkan kepada rombongan Program Badan Usaha Lorong yang diberi nama Program BULO.

Badan Usaha ini merupakan bentuk respon sebagai upaya menumbuhkan kesadaran dan partisipasi masayarakat untuk terlibat langsung dalam pengelolaan kebersihan.

“Jadi Pak Sekcam Panakukang menjelaskan kalau program ini lebih memudahkan manajemen pengelolaan sampah di Kecamatan Panakukang, Pemerintah Kecamatan sudah menggunakan aplikasi smartphone, dan ini wujud dari program Panakukang Smart, semoga di Ujung Bulu, juga bisa melakukan ini, “tutupnya.

To Top