HMI Akan Gelar Pelatihan Dai – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

HMI Akan Gelar Pelatihan Dai

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO. ID — Pengurus Cabang Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Bulukumba, berencana akan menggelar pelatihan Dai. Nantinya HMI akan menggandeng Majelis Dai Muda (MDM) dan Badang Amil Zakat (Baz) Kabupaten Bulukumba, serta sejumlah perwakilan desa sebagai peserta.

Ketua Umum HMI Bulukumba, Rakhmat Fajar, menjelaskan, kegiatan pelatihan Dai merupakan program kerja Bidang Pemberdayaan Umat (PU), kegiatan itu sendiri dalam rangka menyambut bulan suci ramadan. Sekaligus bertujuan untuk melahirkan bibit-bibit penceramah dari kalangan pemuda yang ada di desa, khususnya dari kalangan anggota dan kader HMI.

“Outputnya, para pemuda yang ada di desa keluaran pelatihan ini, menjadi penceramah dan penyampaian dakwah di lingkungannya masing-masing. Ini juga dalam rangka memberikan ruang kreatifitas dan pengembangan potensi diri bagi pemuda yang ada di desa, dengan harapan meminimalisir terjadinya tindakan kriminalitas khususnya dikalangan pemuda,”paparanya.

Ketua panitia pelaksana, Fitriadi Amal yang juga Ketua Bidang Pemberdayaan Umat, mengatakan rencana awalnya, selain menggandeng Majelis Dai Muda, dan Baznas, pihaknya juga sedang membangun komunikasi kepada pihak Desa Topanda, Kecamatan Rilau Ale, untuk menjadi tuang rumah pada kegiatan keagamaan tersebut.

“Rencananya kegiatan ini dilaksanakan pada sepekan sebelum ramadan, sehingga keluaran dari pelatihan ini, bisa langsung terjung ke masjid-masjid untuk mengisi acara khususnya pada ramadan nanti, “jelasnya.

Ketua Majelis Dai Muda (MDM) Ustad Ikhwan Bahar, mengapresiasi kegiatan yang akan dilakukan HMI, olehnya pihaknya akan ikut membantu mensukseskan acara tersebut dengan memberikan materi tentang tata cara menjadi penceramah yang baik. “Saya rasa ini kegiatan yang sangat baik, ini merupakan bentuk dukungan HMI kepada pemerintah, khususnya penguatan perda keagamaan,”ujar Ustad IkhWan Bahar yang juga senior KAHMI ini.

Ketua Badang Amil Zakat, Ustad Yusuf Sandy dan Ketua Cabang HMI Bulukumba, Rakhmat Fajar

Terpisah, Ketua Badang Amil Zakat (Baz) Bulukumba, Ustad Yusuf Sandy, yang turut hadir dalam rapat pembentukan panitia pelatihan Dai HMI, menyambut baik kegiatan tersebut, bahkan pihaknya akan ikut membentu mensukseskan pelatihan dai. “Ini sangat bagus sekali, kenapa? Karena ditahun 2016 saja itu, kadang masih ada masjid kalau sholat jumat tidak ada khatibnya, nah dengan keluaran pelatihan dai nantinya, akan mampu memenuhi kebutuhan penceramah yang ada di desa-desa khususnya di pelosok, “tuturnya.

To Top