Begini Cara Desa Topanda, Transparansi Dalam Mengelolah Dana Desa – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Begini Cara Desa Topanda, Transparansi Dalam Mengelolah Dana Desa

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Pemerintah Desa Topanda, Kecamatan Rilau Ale, terus memaksimalkan pelayanan, guna mewujudkan pemerintahan yang transparan dan akuntabel. Melalui publikasi anggaran Dana Desa, diharapkan mampu meningkatkan partisipasi dan pengawasan masyarakat.

Kepala Desa Topanda, Andi Jemma, menjelaskan, Penyelenggaraan pemerintah desa tidak terlepas dari partisipasi aktif semua pihak untuk membangun desanya, terlebih lagi anggaran dana yang dikucuran pemerintah pusat ditambah dana perimbangan dari kabupaten kepada desa. Hal ini tentu menjadi tabuh ketika pemerintah desa dalam melaksanakan sistem pemerintahannya tidak membuka selebar mungkin sistem pemerintah terhadap segala stackholder pemerintah baik kabupaten sampai tingkat RT/RW.

“Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 113 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa, pasal 2 menegaskan asas-asas dalam pengelolaan dana desa, diantaranya adalah transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran. Nah dengan dasar inilah kita publis anggaran desa,”katanya.

Selaku pemerintah desa yang menerima anggaran Dana desa yang cukup besar, perlu kiranya semua pihak tak terkecuali masyarakat desa itu sendiri terlibat bersama khususnya dalam mengelolah dan memaksimalkan anggaran guna pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Dalam permendagri No 113 tahun 2014 telah menjelaskan pedoman pengelolaan dana desa salah satunya adalah transparansi.

“Penggunaan Baliho merupakan salah satu cara menyampaian kepada masyarakat terkait penggunaan dana desa. Hal ini sejalan dengan spirit otonomi desa yang menekankan terakomodirnya segala kebutuhan dan kepentingan seluruh masyarakat di tingkat desa,”pungkas Andi Jemma. (faj)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!