HMI Gandeng,  Desa Topanda,  MDM dan Baznas Gelar Pelatihan Dai – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

HMI Gandeng,  Desa Topanda,  MDM dan Baznas Gelar Pelatihan Dai

Diskusi HMI, Baznas, Dai Muda dan Kades Topanda, Bersama Wakil Bupati Bulukumba, terkait rencana pelatihan Dai HMI Bulukumba

BULUKUMBA, RADAR SELATAN. CO. ID –Pengurus Cabang Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Bulukumba,  akan menggelar pelatihan Dai. Nantinya HMI akan menggandeng, Pemerintah Desa Topanda,   Majelis Dai Muda (MDM)  dan Badang Amil Zakat (Baz)  Kabupaten Bulukumba.

Guna memaksimalkan agenda pemberdayaan masyarakat desa dibidang keagamaan tersebut,  panitia pelaksana menggelar rapat pementapan di Cafe Mr Box,  samping rujab Wakil Bupati,  Kamis,  11 Mei 2017. Dalam pertemuan itu turut hadir Wakil Bupati Bulukumba,  Tomy Satria Yulianto, yang mendukung kegiatan yang dilakukan HMI tersebut.
“Saya kira ini kegiatan bagus dan trobosan yang baik dilakukan teman-teman HMI, semoga ini ikut menginspirasi OKP dan organisasi kemahasiswaan lainnya,  Pemerintah jelas mendukung kegiatan seperti ini, “ujar Wakil Bupati ini.
Ketua Umum HMI Bulukumba,  Rakhmat Fajar,  menjelaskan, kegiatan pelatihan Dai merupakan program kerja Bidang Pemberdayaan Umat (PU),  kegiatan itu sendiri dalam rangka menyambut bulan suci ramadan. Sekaligus bertujuan untuk melahirkan bibit-bibit penceramah dari kalangan pemuda yang ada di desa, khususnya dari kalangan anggota dan kader HMI. Selain itu  kegiatan tersebut digelar dalam rangka ikut melakukan penguatan perda syariat islam Kabupaten Bulukumba,  serta sebagai salah satu bentuk komitmen pemuda khususnya HMI dalam bersinergi dengan pemerintah desa dalam memberdayakan masyarakat desa khususnya dibidang keagamaan.
“Outputnya,  para pemuda yang ada di desa keluaran pelatihan ini,  menjadi penceramah dan penyampaian dakwah di lingkungannya masing-masing. Ini juga dalam rangka memberikan ruang kreatifitas dan pengembangan potensi diri bagi pemuda yang ada di desa,  dengan harapan meminimalisir terjadinya tindakan kriminalitas  khususnya dikalangan pemuda,”paparanya.
Ketua panitia pelaksana,  Fitriadi Amal yang juga Ketua Bidang Pemberdayaan Umat,  mengatakan rencana awalnya, selain menggandeng Majelis Dai Muda,  dan Baznas,  pihaknya juga melibatkan pihak Desa Topanda, Kecamatan Rilau Ale, Sebagai tuang rumah pada kegiatan keagamaan tersebut.
“Rencananya kegiatan ini dilaksanakan pada sepekan sebelum ramadan,  sehingga keluaran dari pelatihan ini,  bisa langsung terjung ke masjid-masjid untuk mengisi acara khususnya pada ramadan nanti. Tema yang kita ambil “HMI Back To Umat,  Peran Pemuda Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa” “jelasnya.
Ketua Majelis Dai Muda (MDM) Ustad  Ikhwan Bahar,  mengapresiasi kegiatan yang akan dilakukan HMI,  olehnya pihaknya akan ikut membantu mengsukseskan acara tersebut dengan memberikan materi tentang tata cara menjadi penceramah yang baik.  “Saya rasa ini kegiatan yang sangat baik,  ini merupakan bentuk dukungan HMI kepada pemerintah, khususnya penguatan perda keagamaan,”ujarnya.
 Ketua Badang Amil Zakat (Baz)  Bulukumba,  Ustad Yusuf Sandy,  yang turut hadir dalam rapat pembentukan panitia pelatihan Dai HMI,  menyambut baik kegiatan tersebut,  bahkan pihaknya akan ikut membentu mensukseskan pelatihan dai.  “Ini sangat bagus sekali,  kenapa? Karena ditahun 2016 saja itu,  kadang masih ada masjid kalau sholat jumat tidak ada khatibnya,  nah dengan keluaran pelatihan dai nantinya,  akan mampu memenuhi kebutuhan penceramah yang ada di desa-desa khususnya di pelosok, “tuturnya.
Terpisah,  Kepala Desa Topanda,  Andi Jemma,  sangat mendukung kegiatan yang akan dilakukan pengurus HMI. Menurutnya kegiatan ini dalam rangka pemberdayaan masyarakat desa sehingga perlu didukung,  khususnya pemerintah Kabupaten.  Sebagai desa yang akan menjadi tuang rumah,  pihaknya mengaku akan siap memfasilitasi kegiatan yang dilakukan HMI.
“Kegiatan ini sangat bagus karena ini bentuk komitmen desa dan Hmi dalam menguatkan perda syariat Islam.  Ini pula akan meminimalisir tingkat kriminal karena nantinya yang akan ikut masing-masing perwakilan pemuda dari sejumlah desa, yah kita berharap kegiatan ini terlaksana dan mendapat dukungan dari seluruh pihak, “katanya.
To Top