Kodim 1411 Bulukumba Dampingi Petani Wujudkan Swasembada Pangan – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Kodim 1411 Bulukumba Dampingi Petani Wujudkan Swasembada Pangan

BULUKUMBA, RADAR SELATAN, CO.ID -Dandim 1411 Bulukumba, Letkol Sutikno  mengungkapkan saat ini TNI sudah melakukan MoU dengan 24 kementerian termasuk Kementerian Pertanian untuk membantu program-program pemerintah.
Khusus pertanian, tahun 2016 keterlibatan TNI sudah menunjukkan hasil yang sangat baik. Indonesia tidak lagi mengimpor beras dan baru terjadi sejak Indonesia merdeka.
“Ini sebuah prestasi yang membanggakan. Indonesia berhasil mewujudkan swasembada pangan. Dan semua karena kerjasama berbagai pihak termasuk TNI,” terang Sutikno.
Di Bulukumba, Sutikno mengatakan ia sangat konsen memperhatikan persoalan pertanian. Melalui Danramil dan  Babinsa ia terus berupaya mendampingi petani di wilayah kerjanya untuk meningkatkan hasil panennya guna merealisasikan swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah.
Untuk mewujudkan swasembada pangan dan meningkatkan produktivitas pertanian, pihaknya bekerja sama dengan gabungan kelompok tani (Gapoktan) di masing-masing wilayah.
“Keterlibatan TNI sifatnya pendampingan. Pendampingan yang kami lakukan pada petani mulai dari mencari bibit, penanaman hingga masa panen,” kata Dandim.
Sentra-sentra pertanian di wilayah kerja Kodim 1411 Bulukumba sendiri tersebar  hampir di semua kecamatan.
Ia mengemukakan, bahkan saat panen pun  TNI berperan aktif membantu petani maupun Bulog agar gabah petani secepatnya terserap. Sutikno mengakui dengan adanya kerja sama Kementan dan TNI, produktivitas meningkat.
To Top