Karang Taruna Tritiro Produksi Alat Musik – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Ragam

Karang Taruna Tritiro Produksi Alat Musik

FITRIANI SALWAR/RADAR SELATAN KREATIF. Kepala Desa Tritiro, Saiful Amar (tengaH) berfoto bersama pada kegiatan kemah Bhakti Karang Taruna 2017 di Desa Dampang, Kecamatan Gantarang. Karang Taruna Tritiro kini memproduksi alat musik tradisional dan modern. (Sumber: Dok. Saiful amar)

 

 

BONTOTIRO, RADAR SELATAN.CO.ID Karang Taruna Desa Tritiro, Kcamatan Bontotiro, bekerja sama dengan pemuda kreatif Kecamatan Bontotiro memproduksi alat musik. Alat musik yang diproduksi tersebut, adalah alat musik tardisional maupun modern

“Alat musik tradisional tradisional seperti kecapi, sedangkan yang modern itu seperti akustik”, kata Kepala Desa Tritiro, Saiful Amar, Rabu 23 Mei.

Untuk harga alat musik ditentukan berdasarkan jenis bahan yang digunakan dan sesuai pesanan. “Bahannya itu ada dari kayu jati. Untuk harganya mulai dari Rp 500 ribu, Rp 700 ribu bahkan lebih, bergantung bahan”, tambahnya.

Hanya saja, kata Saiful, alat musik yang diproduksi belum dalam jumlah yang besar masih terkendala pemasaran. “Itu pun biasanya baru produksi lagi kalau ada pesanan. Kebanyakan pesanan itu dari Kabupaten Sinjai”, ujarnya.

Saifu berharap, pemerintah daerah melalui instansi terkait dapat membantu pengembangan usaha industri kreatif oleh pemuda ini baik dari segi permodalan maupun pemasaran produk. “Alat musik yang dibuat ini tidak kalah dengan alat musik dari luar daerah. Jadi kenapa kita tidak menggunakan produk lokal kita sendiri, hasil karya pemuda daerah kita ini”, imbuhnya. (*)

To Top