Pelatihan Dai HMI di Desa Topanda Diikuti Puluhan Peserta – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Pelatihan Dai HMI di Desa Topanda Diikuti Puluhan Peserta

 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Pelatihan Dai Muda, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bulukumba bekerjsama dengan Desa Topanda, Majelis Dai Muda dan Badang Amil Zakat (Baznas) Bulukumba, resmi dibuka pada Rabu 24 Mei 2017. Setidaknya ada 40-an peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Acara itu sendiri berlangsung di Masjid Nurul Iman, Desa Topanda, dan dibuka langsung oleh Bupati Bulukumba diwakili Camat Rilau Ale, Andi Muliadi Pangki. Dalam sambutanya, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan HMI bekerjasama dengan Pemerintah Desa Topanda, serta mengandeng MDM dan Baznas. Menurutnya kegiatan pemberdayaan masyarakat desa khususnya pelatihan keagamaan harus selalu digalangkan.

“Kami berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut dan menjadi percontohan untuk desa lainnya. Apalagi kegiatan ini mengandeng lembaga kemasyarakatan yang cukup kompoten,”jelas Camat Rilau Ale, membacakan sambutan Bupati Bulukumba.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Fitriadi Amal, sangat berterima kasih atas dukungan penuh seluruh pihak khususnya pemerintah Desa Topanda, yang mendukung penuh kegiatan pelatihan Dai tersebut. Hal tersebut juga menjadi bukti keseriusan dan komitmen desa Topanda dalam memberdayakan masyarakat desa khsusunya para pemuda. Apalagi dalam kegiatan itu sendiri tidak hanya melibatkan peserta dari Desa Topanda sendiri namun beberapa desa yang ada di Kecamatan Rilau Ale.

“Pembukaan Pelatihan Dai di Masjid Nurul Iman, Desa Topanda”

 

 

“Peserta ada 38 orang dan ada tiga desa tetangga yang ikut mendelegasikan pesertanya, seperti Desa Baji Minasa, Batukaropa dan Tanah Harapan,”jelasnya.

Kepala Desa Topanda, Andi Jemma, kepada Radar Selatan, mengaku kegiatan ini tidak akan terlaksana dengan baik tanpa dukungan pelbagai pihak. ” Alhamdulillah animo peserta juga luar biasa, jadi ada peserta yang masih SD dan sampai yang sudah selesai kuliah. Mereka berbaur bersama dengan pemuda diluar Desa Topanda,”katanya.

Peserta asal Desa Baji Minasa, Izza Maulidha Alwi mengaku senang dengan pelatihan Dai tersebut, selain memberikan khazanah pengetahuan dakwah juga menjadi ajang silaturahmi antara pemuda. “Kita berharap kegiatan ini bisa dilakukan kembali utamanya di desa-desa. Ini kegiatan positif sekali,”katanya.

“Ketua Majelis Dai Muda, Ustad Ikhwan Bahar memberikan materi retorika dakwah”

 

 

Ketua Majelis Dai Muda, Ustad Ikhwan Bahar, berharap kegiatan tersebut terus berkesinambungan termasuk mendorong desa lainnya untuk menggelar kegiatan seperti yang dilakukan Desa Topanda, hal itu mengigat anggaran pemberdayaan masyarakat desa cukup besar. “Kalau kita di MDM siap bersinergi. Kita mau ada bibit-bibit baru penceramah,”ujar Ustad Ikhwan Bahar usai membawakan materi Retorika Dakwah.

Selain itu rencananya kegiatan pelatihan Dai ini ditutup pada Kamis 25 Mei 2017 sore ini, dirangkaikan pelantikan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Desa Topanda, Kecamatan Rilau Ale, oleh Badang Amil Zakat (Baznas) Bulukumba.

To Top