Jelang Ramadan, DPRD Tinjau Harga Sembako – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Jelang Ramadan, DPRD Tinjau Harga Sembako

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba akan menelusuri penyebab kenaikan harga Daging serta sembilan bahan pokok (sembako) menjelang ramadhan. Saat ini, harga daging dan bawang merah mengalami kenaikan yang sangat tinggi bahkan daging dianggap melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) nasional.

Harga daging perkilo dari Rp65.000 naik Rp95.000, bawang merah Rp25.000 menjadi Rp60.000, cabe besar Rp15.000 naik menjadi Rp25.000 perkilo. Selain itu, daging ayam Rp28.000 naik Rp32.000, dan beberapa bahan pokok lain yang mengalami kenaikan cukup drastic.

“Kami heran, harga daging nasional itu Rp65 ribu. Kenapa di Bulukumba Rp95 ribu, dan ini sudah berlangsung lama. Kami akan cari penyebabnya,” ujar ketua DPRD Bulukumba, Andi Hamzah Pangki, saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pasar sentral, Jumat 25 Mei kemarin.

Menurut dia, ketersedian daging di Bulukumba cukup banyak, tidak mengalami kekurangan konsumsi masyarakat Bulukumba dan sekitarnya. Bahkan, persedian dipastikan tidak akan habis sampai lebaran Idul Adha mendatang. Dinas peternakan masih memiliki stok 4 ribu ekor yang berada kelompok pertanian tersedia didrop untuk menutupi permintaan konsumen.

“Kita punya banyak sapi. Tapi, kenapa harga naik. Ini menjadi persoalan buat kita yang harus dicari jawabannya,” jelas legislator asal daerah pemilihan Kecamatan Gantarang-Kindang Bulukumba ini.


Baca berita selengkapnya di Harian Radar Selayan, Edisi Sabtu 27 Mei 2017

To Top