Akibat hujan, Jembatan di Batulohe Nyaris Ambruk – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Akibat hujan, Jembatan di Batulohe Nyaris Ambruk

BULUKUMPA, RADAR SELATAN. CO.ID — Hujan yang mengguyur beberapa hari terakhir menyebabkan jembatan di Desa Batulohe, Kecamatan Bulukumpa, terancam ambruk. Warga khawatir melewati jembatan tersebut
Kepala Desa Batulohe, Ibnu Hajar mengatakan, jembatan tersebut merupakan akses yang menghubungkan dengan Desa Sangkala, Kecamatan Kajang. “Ini terletak di jalan poros, tepatnya di dusun Bontoa dan ini cukup membahayakan”, jelasnya.
Meskipun jembatan tersebut nyaris ambruk tetapi masyarakat masih menggunakan akses jalan tersebut, karena itu merupakan satunya-satunya akses jalan yang menghubungkan ke desa tetangga. “Cuman kami hawatir kalau tidak ada perbaikan secepatnya maka jembatan tersebut mabruk apalagi  kalau sering dilewati dengan kendaraan besar seperti mobil pengangkut bahan bangunan dan sebagainya”, tambahnya.
Ibu Hajar mengaku, pemerintah desa berencana menganggarkan perbaikan jembatan tersebut, hanya saja jembatan tersebut merupakan ruas jalan kabupaten. “Otomatis anggarannya harus dari kabupaten tidak bisa dianggarkan di dana desa. Tapi kalau memang tidak ada perbaikan dari kabupaten nantinya maka kami akan melakukan perbaikan dengan swadaya masyarakat saja selain dari dana desa”, ujarnya.
Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Bina Marga, Muhammad Amri mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pengecekan lokasi jembatan tersebut. “Saya sudah berkoordinasi dengan bidang yang menangani hal ini untuk melakukan pengecekan lokasi melihat kondisi jembatan di sana, karena memang benar jika ruas kabupaten maka pemerintah desa tidak bisa mengganggarkan melalui dana desa. Kami akan mengupayak perbaikan jika memang itu memerlukan perbaikan”, tambahnya. (ria/man/b)
To Top