Ketua Dewan Pendidikan: IYL Akan Memberikan Konstribusi Besar – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Ketua Dewan Pendidikan: IYL Akan Memberikan Konstribusi Besar

MAKASSAR, RADARSELATAN — Terobosan Ichsan Yasin Limpo (IYL) di bidang pendidikan bukan hanya dipuji sejumlah guru besar. Tetapi pengakuan terhadap kemampuan pelopor pertama pendidikan gratis di Indonesia itu, juga datang dari Ketua Dewan Pendidikan Sulsel, Dr Adi Suryadi Culla.

Saat hadir di Focus Group Discussion (FGD) tentang program pendidikan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) di Gowa, Rabu (21/06/17) di Hotel Clarion, Adi Culla membayangkan pendidikan di Sulsel bisa jauh lebih maju jika IYL terpilih sebagai gubernur.

“Saya membayangkan IYL jadi gubernur dengan konsep pendidikan yang disampaikan. Saya yakin beliau akan memberikan konstribusi besar,” kata dosen Fisip Unhas ini saat memberikan tanggapan tentang pemaparan IYL.

Seperti diberitakan, IYL secara khusus diundang oleh Dinas Pendidikan Gowa sebagai pemrakarsa lahirnya SKTB di Gowa. Di samping itu, di depan sejumlah guru besar yang masuk sebagai dewan pendidikan, maupun ahli hukum, Ichsan diberi kesempatan sekitar dua jam sebagai narasumber untuk mengurai alasan dan tujuan menerapkan SKTB.

Usai tampil meyakinkan para peserta FGD, sejumlah pakar ikut memberikan masukan, sekaligus support atas konsep pendidikan dasar 12 tahun yang lagi-lagi pertama diterapkan di Indonesia.

“Punggawa (IYL) itu sudah mempraktekkan saat menjadi bupati. Di tambah lagi, melakukan studi atau penelitian dibeberapa negara. Makanya saya yakin, ini bisa menjadi ide dan gagasan baru di Indonesia,” tambah Adi Culla.

Atas terobosan yang dilakukan Ichsan dalam dunia pendidikan di Indonesia, Adi Culla menaruh harapan besar, agar SKTB dan Punggawa D’Emba, serta program Imtaq Indonesia, itu terus ditingkatkan di Gowa.

“SKTB itu subtansinya sangat bagus sekali. Ini tidak bisa mundur lagi. Dan sistem ini bagi saya itu mengikuti paradigma baru. Daerah lain itu mengamati Gowa sekarang, termasuk Kemendiknas terus memantau sejauh mana efektifitasnya,” pungkas Culla yang tak lain ketua jurusan hubungan international Fisip Unhas. (rls)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!