Daerah Irigasi di Desa Anrihua Longsor – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Daerah Irigasi di Desa Anrihua Longsor

Lokasi longsor

BULUKUMBA, RADARSELATAN.CO.ID — Daerah Irigasi (DI) Borong Perring, tepatnya di Sungai Bialo, Dusun Passimbungan, Desa Anrihua, Kecamatan Kindang longsor beberapa waktu lalu.

Kepala BPBD Bulukumba Andi Akrim mengatakan bahwa kejadian sudah dilaporkan Jumat, 30 Juni, namun longsor terjadi Minggu, 18 Juni diperkirakan pukul 02.00 dinihari. Dilaporkan panjang yang ambruk sekira 100 meter dengan ketinggian 10 meter hingga 15 meter.

“Pihak kami ke lokasi hari ini. Untuk gambarnya sudah dikirim sebelumnya dan memang kondisinya cukup parah,” ujarnya.

Longsor tersebut, kata Akrim terjadi karena curah hujan yang tinggi pada malam sebelum kejadian. Selain itu, usia irigasi yang juga sudah cukup tua menyebabkan irigasi ambruk.

“Dilaporkan usianya kan sudah 17 tahun,” katanya.

Akibat longsor tersebut, lima desa yang mengairi irigasi persawahan dari DI Borong Perring adalah Desa Anrihua, Benteng Palioi, Mattirowalie, Sopa dan Balibo, masing- masing Kecamatan Kindang tidak terairi. Saat ini petani hanya mengharapkan hujan dan bantuan pompa mesin dari Pemkab Bulukumba untuk mengairi sawah yang terkena dampak.

Selain itu, longsor juga menimbun sedikitnya 50 pokok cengkih yang sedang berbunga, diperkirakan menyebabkan kerugian sekira 50 juta hingga Rp 100 juta. (Anjar)

To Top