Tuntut Perbaikan, Warga  Tugondeng Tanami Jalan Dengan Pohon Pisang – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Tuntut Perbaikan, Warga  Tugondeng Tanami Jalan Dengan Pohon Pisang

 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN. CO.ID – – Lantaran jalan penghubung antara desa tak kunjung diperbaiki. Sejumlah warga  Dusun Jatia,  Desa Tugondeng, Herlang,  menggelar aksi tanam pisang. Hal itu dilakukan sebagai bentuk kekecewaan kepada pemerintah daerah dan wakil rakyat dapil Herlang, Kajang dan Bontotiro.

Dari Pantauan Radar Selatan, aksi tersebut dimulai sejak Sabtu 1 Juli 2017 dan berlanjut hingga Minggu 2 Juli. Sejumlah warga Desa Tugondeng, tepatnya dusun Jatia, menanami jalan dengan pohon pisang. Meski tak begitu menganggu jalur lalu lintas, namun aksi tersebut menarik perhatian pengguna jalan dan warga yang berada disekitar lokasi aksi.

 

Icha, salah seorang warga setempat mengatakan, aksi tanam pisang tersebut dilakukan setelah ia bersama sejumlah tokoh masyarakat dan yang berada di Desa Tugondeng, melakukan koordinasi dan pertemuan. Hasilnya, masyarakat bersepakat untuk menanami jalan dengan tanaman pisang sebagai bentuk kekecewaan dan desakan kepada pemerintah daerah dan wakil rakyat daerah pemilihan Herlang, Kajang dan Bontotiro.

 

“Semenjak ini kampung ada, belum pernah di aspal. Sepertinya kita di anak tirikan, padahal di sepanjang jalan ini bermukim hamir seratus kepala keluarga, ini jalan alternatif penghubung antara desa, “katanya.

 

Bahkan yang parah, lanjut Icha, pada saat musim hujan terdapat titik jalan yang mirip kubangan kerbau bahkan parahnya karena menyebabkan pengguna jalan terjatuh akibat licin.” Kalau tidak bisa di aspal yah biar di beton saja dulu, ini jangankan aspal, dibeton saja baru beberapa titik, padahal disini juga akses penting karena ada ratusan warga, “katanya.

 

Warga Desa Tugondeng, lainnya, Adi Rahmatullah, kepada Radar selatan, menuturkan kekecewaanya kepada pemerintah khususnya wakil rakyat yang berada di dapil III. Dia menilai kalau pemerintah selama ini dinilai pilih kasih dalam melakukan pemerataan pembangunan, terbukti hingga saat ini akses jalan tersebut tak kunjung diperbaiki. Begitu juga dengan kinerja para anggota DPRD dapil III yang dinilai tak serius dalam mengawal aspirasi masyarakat.

 

“Janji saja terus, kalau tidak bisa tepati janji yah bilang saja. Kasian warga kalau dijanji janji terus, kita ini juga warga Bulukumba, yang memiliki hak yang sama, kita juga bayar pajak, “katanya.

 

Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, mengatakan akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk kepala Desa Tugondeng.

 

” Kita usahakan nanti di pokok. Tapi kalau jalan desa saya kira ini bisa menjadi fokus bagi pemerintah desa. Saya akan komunikasikan ke Pak Desa, “katanya.

 

Terpisah, anggota DPRD Bulukumba, asal Herlang, Abdul Rajab, mengaku kalau dirinya akan mengawal aspirasi masyarakat tersebut, dan berjanji akan memasukkan kedalam usulan program pada pembahasan APBD nantinya.

 

” Kita akan kawal ini, dan berusaha bersama dengan teman teman anggota DPRD dari dapil III, “katanya. (faj)

To Top