Ketua kadin Sulsel Sebut, Indonesia Masih Kekurangan Pengusaha – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Ketua kadin Sulsel Sebut, Indonesia Masih Kekurangan Pengusaha

Zulkarnaen Arief

MAKASSAR, RADAR SELATAN. CO.ID — Ketua Kadin Sulsel Zulkarnaen Arief mengungkapkan Indonesia masih kekurangan pengusaha. Idealnya jumlah pengusaha 3-4 persen dari total penduduk Indonesia. Tapi yang terjadi adalah jumlah pengusaha di negeri ini tidak sampai 1 persen.

 

Untuk itu, Zulkarnaen mengajak anak muda untuk merebut peluang ini. “Kondisi ekonomi saat ini tidak boleh dikeluhkan. Ekonomi memang seperti itu. Dan kita harus merebut setiap kesempatan,” ujarnya.

 

Dijelaskan Zulkarnaen, kalau kita berbicara uang yang beredar di Sulsel, sebenarnya sangat kecil tidak lebih sepersepuluh dari total uang yang beredar di Jawa. Tapi Sulsel mampu memainkan perannya dengan baik. Sehingga pertumbuhan ekonomi Sulsel terus membaik. “Peluang-peluang selalu ada dan ini yang harus kita lihat dan jeli menangkap setiap ide dan gagasan,” urai Zulkarnaen saat berbicara di depan peserta Rapat Triwulan Fajar Group di Graha Pena Makassar.

 

Zulkarnaen mencontohkan Indonesia mengimpor garam kurang lebih 2 juta ton. Padahal di Jeneponto ada ladang garam yang potensinya sangat besar. “Tidak ada alasan orang Jenepono miskin. Karena potensinya ada. Kenapa garam di Jeneponto tidak dibikin berstandar internasional? Disini peran pemerintah,” tegasnya.

 

Ia kemudian mencontohkan air mineral merk Aqua. Di saat pertama kali diproduksi banyak yang mencibir. Tapi sekarang banyak sekali produsen air mineral yang mengikuti jejak Aqua.
Bicara soal media, Zulkarnaen juga optimis bisnis media akan terus tumbuh. Yang dibutuhkan saat ini adalah inovasi-inovasi baru.
KADIN Sendiri menurut Zulkarnaen sangat membuka diri untuk semua pengusaha yang mau berkembang dan maju bersama. (Rls)

To Top