Dorong Maksimalisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan, Ini Saran Hmi Bulukumba – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Dorong Maksimalisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan, Ini Saran Hmi Bulukumba

Kader Hmi Cabang Bulukumba

 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN. CO.ID – – Dalam rangka mendorong maksimalisasi pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Disdukcapil) Bulukumba, Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (Hmi) Cabang Bulukumba, mendorong agar adanya inovasi seiring perkembangan teknologi.

 

 

Ketua Hmi Cabang Bulukumba, Rakhmat Fajar, mengatakan, seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi yang berbading lurus dengan pemahaman sebagian masyarakat yang mulai beradaptasi dengan fasilitas teknologi, harusnya menjadi pintu masuk bagi pemerintah melalui Dinas Catatan Sipil, dalam memaksimalkan layanan admitrasi kependudukan bagi masyarakat.

 

 

” Harusnya sudah tersedia layanan sentuh  (touchscreen) soal informasi administrasi kependudukan melalui sistem komputer layar sentuh. Didalamnya sudah tersedia fitur atau aplikasi bagi warga yang hendak mengurus data kependudukan. Manfaatnya, selain efesiensi waktu, juga bisa lebih tertib. Jadi petugas cukup mendampingi saja. Manfaat lainnya, meminimalisir kesalahan data, jadi warga bisa melihat dulu dilayar komputer atau dia sendiri mengetik namanya disistem sebelum diterbitkan, “katanya.

 

Hal lainnya menurut Fajar, adalah sistem jemput bola. Kendati diakui pihaknya hal ini telah dilakukan Disdukcapil, namun belum sepenuhnya maksimal. Pasalnya, untuk mendukung layanan ini, perlu fasilitas penunjang seperti ketersediaan mobil layanan keliling dan penambahan operator disetiap kecamatan.

 

“Kalau tidak bisa satu kecamatan yah cukup di kecamatan tertentu yang bisa membackup kecamatan lain. Tentu ini perlu sokongan anggaran dari Pemerintah dan DPRD dan dengan mempertimbangan efesiensi. Kan bisa bertahap penganggaranya setiap tahun, “ujarnya.

 

Fajar menambahkan, melihat pemohon dan jumlah penduduk Bulukumba, yang terus meningkat setiap tahunnya, harusnya Pemda Bulukumba bersama DPRD memikirkan adanya gedung baru Disdukcapil yang lebih representatif, atau menata kembali gedung yang ada, yang didalamnya telah tersedia sejumlah sarana penunjang, seperti tempat istrahat dan mushola bagi warga. Hal ini menjadi penting, karena Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan, adalah salah satu instansi yang paling sering bersentuhan dengan masyarakat setiap harinya. Termasuk pihaknya ikut mendorong dimaksimalkanya pos layanan perkecamatan.

 

“Kasihan warga yang berdesak- desakan, begitu juga dengan para petugas yang hanya menggunakan ruang yang sempit. Akibatnya bisa saja berkas administrasi tercecer dan bercampur dengan berkas lain. Jadi bukan misalnya kalau hari senin hanya di khususkan pelayanan dari warga asal Kecamatan Kajang. Namun ada memang posnya 10 kecamatan, sehingga warga tidak berdesak desakan dan lebih tertib, “pungkasnya.

 

 

Terakhir, pihaknya juga menyarankan agar dalam pengurusan KK dan KTP, harusnya bisa dilayani secara bersamaan. Pasalnya, pemohon yang mengurus KK, karena ada perubahan data, mestinya KTP ikut berubah begitupun sebaliknya, sehingga warga tidak perlu bolak balik kembali mengurus data kependudukan lainnya.

 

 

“Terakhir kuncinya adalah, masyarakat mengikuti prosedur dan Capil menjalankan sesuai prosedur, meski memang ada ruang yang perlu dibijaksanai. Karena bagaimanapun masyarakat mendambakan pelayanan yang cepat dan nyaman. Kasian kalau warga harus bolak balik. Saya belum tau apakah ini telah dilakukan. Jika iya,  perlu dimaksimalkan lagi,  ini hanya saran saja dari Hmi, “tutupnya.

 

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!