Catat!!Urus SKCK Hanya Bayar Rp30 Ribu – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Catat!!Urus SKCK Hanya Bayar Rp30 Ribu

Kapolres Bulukumba, AKBP Anggi Nualifar Siregar

BULUKUMBA, RADAR SELATAN. CO.ID  — SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang dulu lebih dikenal dengan nama Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) merupakan surat yang diterbitkan polisi yang berisikan tentang catatan seseorang yang terdapat dalam data kepolisian.

Kapolres Bulukumba AKBP Anggi Naulifar Siregar mengatakan, terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Tarif dan Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mengubah sejumlah tarif/biaya yang dimasukkan ke kas Negara termasuk biaya pembuatan SKCK.

“Biaya SKCK di seluruh wilayah di Indonesia yang semula Rp 10.000, sejak 6 Januari 2017 naik menjadi Rp 30.000. Ini berarti bila mengurus SKCK di polsek atau polres, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 30.000,” ujarnya.

Kapolres mengatakan SKCK diperlukan untuk berbagai macam urusan administrasi ataupun sebagai prasyarat untuk berbagai kebutuhan, misalnya sebagai syarat untuk mengikuti Penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), melamar pekerjaan, dan lain sebagainya. SKCK hanya berlaku selama 6 (enam) bulan sejak tanggal diterbitkan dan bisa diperpanjang jika memang diperlukan.

Kadang kala ada anggapan bahwa mengurus atau mendapatkan SKCK itu sulit walaupun sebenarnya sama sekali tidak. Jika Anda memahami prosedur dan tata caranya, pembuatan SKCK ini bisa selesai dalam waktu singkat.

“Proses pengurusannya dimulai dari cara mendapatkan surat pengantar dari kantor kelurahan atau desa hingga bagaimana proses pengurusannya di polsek atau polres,” ujarnya.

Lanjut Anggi setelah mendapatkan surat pengantar dari kelurahan dan rekomendasi ke kantor kecamatan, sebelum mengurus SKCK ke polsek atau polres, silakan lengkapi persyaratan itu.

Bagi yang terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) berkas yang harus anda siapkan yaitu Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Izin Mengemudi (SIM), Fotokopi Kartu Keluarga (KK), Fotokopi Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir/Ijazah Terakhir, Pas foto 4×6 berlatar/background sebanyak 6 lembar.

Sedangkan menurut Anggi yang terdaftar sebagai Warga Negara Asing (WNA) yaitu, Fotokopi Paspor, Surat Sponsor dari Perusahaan (Asli), Fotokopi Surat Nikah, Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (Kitap), Pas foto 4×6 berlatar/background kuning sebanyak 6 lembar.

“Setelah kelengkapan yang perlu dipersiapkan sudah terpenuhi, silakan Anda lanjutkan pengurusan SKCK di polres,” ungkapnya.

Setelah mengisi Formulir dengan Lengkap pemohon yang belum memiliki rumus sidik jari untuk melakukan perumusan sidik jari di Unit Identifikasi. Jika semua sudah selesai, saatnya untuk mengumpulkan berkas-berkas yang telah Anda siapkan pada loket. Tunggu antrean dan SKCK akan segera selesai. (One/wan/B)

To Top