Catat Tanggalnya, TNI-AU Bekerjasama Pemkab, Akan Gelar Operasi Bibir Sumbing dan Katarak, Gratis!!! – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Catat Tanggalnya, TNI-AU Bekerjasama Pemkab, Akan Gelar Operasi Bibir Sumbing dan Katarak, Gratis!!!

AKBAR WAHYUDI/RADAR SELATAN RAPAT PERSIAPAN. Pemerintah Kabupaten Bulukumba bersama TNI AU Tentara Negara Indonesia (TNI) Angkatan Udara Komando Sektor II Pertahanan Udara Nasional (kosekhanudnas).yang tergabung dalam panitia bersama melaksanakan rapat persiapan, Rabu 19 Juli di Aula kantor Kosekhanudnas membicarakan kesiapan pelaksanaan operasi bibir sumbing dan katarak yang akan dilaksanakan 24-26 Agustus mendatang.

 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN. CO.ID — Tentara Negara Indonesia (TNI) Angkatan Udara Komando Sektor II Pertahanan Udara Nasional (kosekhanudnas) akan melaksanakan operasi bibir sumbing dan Katarak gratis di Bulukumba. Kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan pada 24-26 Agustus, mendatang di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sulthan Dg Radja merupakan rangkain peringatan 70 tahun hari bakti TNI AU.

Kepala kesehatan, Kosekhanudnas II, Mayor Kes Amiruddin, mengatakan jika kegiatan bakti sosial bibir sumbing dan katarak ini merupakan bentuk bakti TNI dalam memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang tidak mampu. Dalam pelaksanaanya memilih Bulukumba dikarenakan merupakan masukan masyarakat yang meminta dilaksanakan di bumi panrita lopi karena masih banyak penderita bibir sumbing dan katarak namun tidak memiliki kesempatan dan biaya untuk mengobati.

Amir mengaku, animo warga Bulukumba sangat antusias sehingga memilih pelaksanaaya di Bumi Panrita Lopi. Hal tersebut terbukti dengan ramainya warga Bulukumba yang mengikuti operasi bibir sumbing dan katarak, saat kegiatan yang dilaksanakan di rumah sakit sayang rakyat yang baru ini dilaksanakan dan kebanyakan warga Bulukumba.

” Salah satunya ormas dai muda, Ust Ikhwan Bahar yang meminta untuk pelaksanaanya dilakukan di Bulukumba, begitu juga Kodim 1411 yang telah mandaftarkan 10 bibir sumbing dan 89 katarak yang baru dari 2 kecamatan, dan ini pasti masih banyak,” ujar Amiruddin.

Untuk pelaksanaan nantinya, pria kelahiran Bulukumba ini mengaku menarget operasi katarak sebanyak sebanyak 150 pasien, dan bibir sumbing sebanyak 40 pasien. Namun Amir mengaku tidak memberi batasan berapapun banyaknya akan tetap dilayani.

Bagi masyarakat yang ingin ikut menjadi calon pasien, bisa langsung mendaftarkan diri di puskesmas terdekat, namun khusus bagi katarak, sebelum operasi akan discraning dulu untuk mengetahui pasti apakah menderita katarak atau tidak.

Selain oprasi, Amir mengaku juga menyiapakan 10 kaki palsu bagi mereka yang kurang beruntung tidak memiliki kaki yang semuanya gratis tanpa sedikitpun dipungut biaya. TNI AU akan menerima seluruh pandaftar yang tidak harus merupakan masyarakat Bulukumba.

Kepala Dinas Kesehatan, dr Gaffar dalam rapat persiapan operasi katarak dan bibir sumbing mendukung langkah TNI AU. Dia berterimakasih telah memilih Bulukumba sebagai tempat pelaksanaanya.

” Ini sangat berarti bagi mereka, terutama bibir sumbing yang terkucilkan karena kekurangan yang mereka miliki,” ujar Mantan Direktur RSUD Sulthan Dg Radja itu.(awa/ / )

 

To Top