Jelang Perayaan Idul Adha, Baznas Luncurkan Program kurban Berdayakan Desa – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Jelang Perayaan Idul Adha, Baznas Luncurkan Program kurban Berdayakan Desa

 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN. CO.ID – – sejumlah gebrakan program terus dicanamkan Badang Amil Zakat (Baznas). Jelang Idul Adha 1438 H Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bulukumba luncurkan program yang dinamakan ‘Kurban Berdayakan Desa’.

Wakil Ketua Bidang Pengumpulan Baznas, Bulukumba Ustad Kamaruddin mengatakan, program tersebut tak lain dalam rangka mendorong semangat umat islam dalam berkurban.

“Program ini kami luncurkan dalam rangka mengajak seluruh kaum muslimin untuk menghidupkan dan mensukseskan salah satu syiar Islam, yaitu berkurban, “katanya.

 

Dia menjekaskan dengan ikut serta berkurban, maka akan banyak diantara saudara-saudara khususnya di pedesaan yang terberdayakan, terutama peternak dan fakir miskin.” Kegiatan ini juga merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat desa, “tambahnya.

 

Sementara Ketua Baznas Bulukumba, Muhamamd Yusuf Shandy, Lc mengungkapkan, program ‘Kurban Berdayakan Desa’ adalah program nasional Baznas di seluruh tingakatan, mulai dari pusat hingga kabupaten dan kota

“Dengan membeli kambing atau sapi para peternak kecil yang ada di pedesaan, mereka akan turut terberdayakan. Fakir miskin pun ikut menikmatinya,” ujarnya.

Untuk tahun 1438 H ini, kaum muslimin yang akan berkurban melalui BAZNAS Bulukumba, baik kambing maupun sapi, setiap mudhahhi (pekurban) menyetorkan sebanyak Rp 1, 8 juta per orang atau keluarga. “Untuk kambing Rp 1.800.000/orang, sedangkan untuk sapi Rp 1.800.000 x 7 orang,”terangnya.

Seluruh hasil pengumpulan hewan qurban sendiri akan didistribusikan ke komunitas-komunitas atau titik-titik di mana terdapat banyak dhuafa, fuqara dan masakin, juga ke panti-panti asuhan dhuafa, yang memang paling membutuhkan.

“Adapun pembayarannya bisa dilakukan melalui pembayaran langsung ke kantor Baznas atau ditransfer ke rekening Baznas Bulukumba,”pungkas Ustad Yusuf Sandy.

To Top