Libur Akhir Pekan, Dinas PSDA Kerja Bakti Bersihkan Saluran Irigasi – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Libur Akhir Pekan, Dinas PSDA Kerja Bakti Bersihkan Saluran Irigasi

Dinas PsDa bersama warga menggelar kerja bakti pembersihan saluran irigasi

 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN. CO.ID – – Libur kerja digunakan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Bulukumba, untuk menggelar kerja bakti pembersihan irigasi dan bendungan yang berada di Balang Tikeke, yang menyambungkan saluran sekunder di tiga desa masing-masing Desa Balong, Manjjalling dan Garanta.

Kegaiatan yang rutin dilakukan tersebut, berlangsung Minggu pagi 23 Juli 2017, yang dipimpin Kasie OP Jaringan Pemanfaatan Air, Andi Al-Ansar, Bersama dengan Kelompok Petani Pemakai Air dan di ikuti petugas OP sewilayah UPT Wil III Ujung loe.

Kepada Radar Selatan, pria yang akrab disapa Andi Asok ini menjelaskan kalau kerja bakti tersebut memang menjadi agenda rutin yang dilakukan PSDA. Selain memang menjadi amanat dan tanggunjawab yang diatur dalam Permen PUPR nomor 12/M/PRT/2015 tentang eksploitasi dan pemeliharaan jaringan irigasi. Tujuannya untuk memastikan fungsi saluran irigasi dan bendungan berfungsi dengan baik. Khusus untuk saluran air yang berada di Balang Tikeke sendiri, setidaknya bisa mengairi lahan seluas 704 haktar di tiga desa di Kecamatan Ujungloe

 

” Kami dari PSDA dibawah pimpinan kepala Dinas akan terus bergerak untuk memastikan semua irigasi terpantau dan bisa dibenahi. Jadi kita bersama warga melakukan kerja bakti, “katanya.

Meski begitu, pihaknya tidak bisa mempungkiri masih saja sering ditemukan adanya kerusakan saluran irigasi yang berdampak pada tidak terairinya lahan milik warga. Luasnya serta banyaknya saluran irgasi maupun bendungan yang tidak berbanding lurus dengan petugas operasi pemeliharaan jaringan dilapangan menjadi salah satu kendala tersendiri yang dihadapi pihaknya. Sehingga terdapat sejumlah irigasi yang luput dari pantaun setiap waktunya.

 

“Panjang irigasi yang kita miliki belum berbanding lurus dengan petugas operasional pemelihataan jaringan dilapangan. Belum lagi adanya aktifitas masyarakat dilokasi irigasi, yang kadang sampah atau sisa materialnya turun ke saluran. Bahkan pada saat musim hujan, ada saluran yang rusak, “jelasnya.

To Top