Kapal Tongkang Muatan Batubara Terbakar di Bulukumba – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Kapal Tongkang Muatan Batubara Terbakar di Bulukumba

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Kapal Tugboot (TB) Harlina 07 dan Kapal Tongkang Soekowati 206 muatan batubara dari Banjarmasin dengan tujuan Manokwari terpaksa harus berlabuh di Dermaga Leppe’e, Kabupaten Bulukumba, Sulsel, lantaran terbakar sekira pukul 18. 05 Wita.Dilaporkan bahwa, Kapal TB Harlina 07 yang dinahkodai Rimba Cakramirawan dengan 10 ABK dan Kapal Tongkang Soekowati 206 bermuatan batu bara 7.500 ton dari Banjarmasin dengan tujuan Manokowari tersebut mulai terbakar sekir pukul 13.00.wita.

Kapten Kapal Menginformasikan bahwa kapal TB Harlina 07 muatan TK Sukowati 206 dari Banjarmasin tujuan Manokowari berasap dan mengepul sehingga pihak kapten TB menghubungi petugas Syahbandar untuk meminta bantuan memadamkan bara api di Pelabuhan Leppe’e.

Kemudian Petugas Syahbandar mendapat perintah pimpinan agar Kapal TB dan TK yang bermuatan batu bara tersebut agar berlabuh di Dermaga Leppe’e sekira pukul 15.30 wita dan petugas menghubungi pemadam kebakaran meminta agar menyiapkan Unit Damkar di Pelabuhan Leppe’e.

“Sudah ada sekitar 20 mobil yang datang memadamkan api yang saat ini masih dalam keadaan terbakar,” kata Nahkoda Kapal Rimba Cakramirawan.

Dia mengaku, bara api mulai terlihat dari Kalimantan sekitar 3 hari yang lalu dan asap sudah mengepul sehingga meminta pertolongan oleh pihak Syahbandar untuk memadamkan api.

“Kami berlayar sudah enam hari dari Kalimantan sampai di Pelabuhan Bulukumba dan di Pelabuhan Leppe’e kami minta pertolongan,” ungkapnya.

Kerugian materiel kata dia, belum bisa ditaksir, namun beruntung dalam prestiwa tersebut tidak ada korban jiwa hanya saja hingga api masih dalam proses pemadaman. (nindar)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!