Awal dan Awalia, Pasangan Di Bawah Umur Batal Dapat Kompensasi dari Pengadilan Agama – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Awal dan Awalia, Pasangan Di Bawah Umur Batal Dapat Kompensasi dari Pengadilan Agama

 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN. CO.ID — Masih ingat dengan  pasangan pengantin Awal Nurahman (14) dan Awalia Ma’ra (14) asal Dusun Asayya, Kelurahan Borong Rappoa, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba,  yang sempat menghebohkan warga net dan publik,  yah,  keduanya batal mendaftar untuk sidang di Pengadilan Agama (PA) Bulukumba.

 

Awal belum bisa mendaftar untuk meminta sidang kompensasi agar dicukupkan umurnya di Pengadilan Agama (PA) Bulukumba diakibatkan karena tanggal kelahiran berbeda dengan tanggal kelahiran di akta kelahiran.

“Kemarin kami sudah mendaftarkan Awal-Awalia ke PA Bulukumba. Tetapi kami kembali urus KK dan akte kelahiran karena disitu berbeda tanggal harinya. Di KK tanggal lahir Awal 9 Juni sedang di akte kelahiran tertulis 19 Juni,” kata sepupu Awal, Mirda yang juga Kepala Lingkungan Asayya, Kelurahan Borong Rappoa, Kamis, 29 Juli 2017.

Mirda mengatakan, pihaknya terpaksa mengajukan sidang ke PA karena keduanya telah dinikahkan secara adat dan belum mencukupi umur untuk dinikahkan berdasarkan undang-undang pernikahan.

Mereka dinikahkan karena keduanya sudah suka sama suka sejak dua tahun terakhir ini. Sekalipun masih di bawah umur dan masih duduk pada bangku salah satu sekolah swasta di Ereng-ereng, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng.

Namun adat di Asayya, Kecamatan Kindang menegaskan harus menikah jika sudah suka sama suka. “Itu adalah adat kami di sini tidak ada pilihan lain kecuali dinikahkan jika sudah suka sama suka,” ujarnya.

Pernikahan tersebut pada 13 Juli lalu, sempat menarik perhatian publik di Bulukumba dan di media sosial termasuk KUA Tompobulu dan KUA Kindang menolak menikahkan karena masih berada di bawah umur. (*)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!