Kasi Kedaruratan BPBD Jeneponto Nyambi Jadi Barista Cafe Dalle – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Jentago

Kasi Kedaruratan BPBD Jeneponto Nyambi Jadi Barista Cafe Dalle

 

JENEPONTO, RADARSELATAN.CO.ID  Siapa yang tidak kenal dengan Andi Burhanuddin Kr Sila, menantu dari pemilik SPBU Sinar Sukses di Jl.Pahlawan, Jeneponto, H.Magga Kulle (Mantan Kadis PPKAD Jeneponto), Nyambi jadi Barista Warkop.

 

Andi Burhanuddin yang merupakan Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jeneponto, ternyata dia juga mahir dalam meracik kopi (Barista) di Warung Kopi miliknya di Jl Pahlawan.

 

Warkop yang diberi nama Warkop Dalle’ ini  beroperasi sejak tahun 2013  yang menyajikan kopi asli dari Kabupaten Bulukumba Jenis robusta dan kopi Bontolojong Turatea, Jeneponto, jenis Arabica olah madu.

 

Pantauan radarselatan, Andi Burhanuddin nampak sedang sibuk meracik kopi untuk pelangganya. Terlihat, ia belum melepas seragam dinasnya,”Saya sendiri yang meracik. Hari ini gensi, jangan harap sukses,” ujar pria kelahiran Bulukumba itu.

 

Andi Burhanuddin sedikit menceritakan kenikmatan kopi asal Jeneponto,”Kopi Bontolojong Turatea memiliki cita rasa yang tinggi dan kualitasnya tidak kalah dengan kopi asal dari daerah lain seperti kopi toraja, kopi bali,”Katanya.

 

Tidak herang, kata Andi Bur, setiap harinya banyak penikmat kopi lari ke warkopnya. Namun meski demikian, tugasnya sebagai abdi negara tak ia lalaikan sehingga jika dirinya tak diwarkop istrinya yang menggantikan.

 

“Sejak Kopi Bontolojong ini masuk di warkop kami, omzet kami meningkat pesat. Saat ini, saya bersama Kepala Desa Ujung Bulu Rumbia, Mansyur  lagi menjajaki kerjasama agar Kopi olah madu (arabica) tembus nasional,” Katanya.

 

Namun demikian, Kopi Bontolojong rumbia masih diusahakan mendapat hak paten dan  terdaftar di Kemenhumkam,” Kita juga harapkan, semoga ke depan Kopi Bontolojong ini dapat dijadikan ole-ole khas Jeneponto,” Jelas Andi Burhanuddin.(Dedi)

To Top