Warga Desa Ara Swadaya Beli Ambulans Desa,  Ini Alasannya – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Warga Desa Ara Swadaya Beli Ambulans Desa,  Ini Alasannya

ilustrasi (int)
REPORTER: FITRIANI SALWAR
EDITOR: SUPARMAN
BONTOBAHARI, RADAR SELATAN. CO.ID  — Keterbatasan ambulans desa yang dimiliki puskesmas, memaksa warga Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, berinisiatif membeli ambulans secara swadaya. Langkah ini sebagai alternatif warga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.
“Seharusnya itu kan mobil ambulans yang tersedia di puskesmas itu lima atau sepuluh, apalagi di pelosok kasihan warga yang mau berobat kalau misalnya malam dan tidak ada kendaraan,” ungkap Kepala Desa Ara, Mulyadi, Jumat 28 Juli.
Pengumpulan dana, lanjut Mulyadi, mulai dilakukan sejak tahun 2016 lalu, dan telah terealisasikan tahun ini. “Tahun lalu kami berdiskusi dengan warga, bagaimana kalau dilakukan pembelian ambulans di desa, dan Alhamdulillah pada waktu itu masyarakat memberikan respons positif, dan sekarang sudah ada ambulansnya,” jelasnya.
Selain itu, Mulyadi menambahkan, pengadaan ambulans desa tidak bisa dianggarkan melalui dana desa, sehingga swadaya masyarakat tersebut dianggap sebagai solusi yang tepat. “Kalau sewa alat dalam artian sewa kendaraan untuk dijadikan ambulans itu bisa didanai desa, tetapi itu tidak efektif menurut kami. Sehingga kami memutuskan untuk melakukan pengadaan melalui swadaya, jadi bisa digunakan semua warga,” jelasnya. (*)
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!