Cara Mencegah dan Mengobati Sakit Gigi  – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Jentago

Cara Mencegah dan Mengobati Sakit Gigi 

drg. Bustang Dokter Spesialis Gigi
JENEPONTO,RADARSELATAN. CO.ID  – Mungkin Aanda salah seorang yang mengalami sakit gigi. Penyakit yang satu ini merupakan salah satu masalah umum dialami semua orang, terutama mereka yang berusia di atas 20 tahun.
Rasa sakit yang menyiksa pada bagian rongga mulut ini memang tidak tertahankan. Bahkan saking sakitnya, kebanyakan orang berkelakar bahwa rasanya lebih sakit dari pada sakit hati.
Untuk itu saat rasa sakit ini datang, dibutuhkan perawatan khusus agar aktivitas Anda tidak terganggu. Namun yang tak kalah penting adalah menjaga diri Anda agar tidak terkena penyakit satu ini. Untuk menghindarinya, Anda perlu mengetahui penyebabnya.
Dokter spesialis gigi RSUD Lanto dg Pasewang Jeneponto, drg. Bustamin kepada RADAR SELATAN menjelaskan, sakit gigi merupakan nyeri yang dirasakan di dalam atau di sekitar gigi yang terasa saat saraf di gigi teriritasi.
“Penyebab sakit gigi berawal dari gigi yang tdk bersih, seluruh permukaan gigi harus bersih dari sisa makanan. Ketika sisa makanan dibiarkan akan terbentuk asam, asam inilah yang melarutkan email gigi sampai terbentuk lubang gigi dan pada akhirnya sampai ke saraf gigi yang menyebabkan rasa nyeri yang hebat,” jelasnya, Rabu 2 Agustus.
Untuk mencegah sakit gigi, kata drg. Bustaming, Anda harus menghindari makanan yang manis-manis. “Makanan yang harus dihindari adalah makan yang manis-manis,” tambahnya.
Cara ampuh untuk memberikan pengobatan alternatif bagi yang sudah terlanjur sakit gigi, lanjut drg. Bustaming, yakni dengan memberikan obat tradisional atau berkonsultasi langsung ke dokter. “Orang yang menderita sakit gigi dapat dapat berobat secara tradisional, misalnya dengan menggunakan minyak cengkih dengan memasukkannya ke lubang gigi atau minum obat anti nyeri. Tapi jika sakit berlanjut segeralah ke dokter gigi untuk penanganan lebih intensif,”  terangnya.
Namun sebelum Anda terkena sakit yang satu ini, cara cukup mudah yaitu dengan rajin menyikat gigi pagi dan malam hari. “Agar terhindar dari penyakit gigi dan penyakit penyanggah gigi kita harus menjaga agar gigi kita tetap bersih dengan menyikat gigi secara benar minimal 2 kali sehari yakni pada pagi hari sesudah sarapan dan pada malam hari sebelum tidur,” tutup dr. Bustamin. (ded/man/c)
To Top